Ini Penyebab Tingginya Angka Perceraian, Menurut Menteri Agama

Ini Penyebab Tingginya Angka Perceraian, Menurut Menteri Agama

Naviri Magazine - Ada yang memprihatinkan di Indonesia, yaitu makin tingginya tingkat perceraian yang terjadi dari tahun ke tahun. Berbeda dengan masa-masa sebelumnya, kini perceraian di Indonesia sudah dianggap hal biasa. Bagi sebagian kalangan, kenyataan ini mengkhawatirkan, mengingat perceraian juga menciptakan masalah baru, yaitu anak-anak mereka.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin, juga mengaku prihatin terhadap angka perceraian yang terus meningkat setiap tahun. Ia menyebut pergeseran makna dan nilai mengenai pernikahan dan perceraian sebagai salah satu faktor pemicunya.

Di hadapan ratusan aparatur sipil negara dalam lingkup Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tengah, Menteri Agama mengungkapkan perubahan pemaknaan pernikahan membuat perbedaan cara pandang tentang pernikahan di antara pasangan suami-istri generasi sekarang, bahkan ada yang merencanakan perceraian.

"Mereka sebelum nikah sudah saling bersepakat, antara pasangan laki-laki dan perempuan, kalau kita nikah dua tahun saja, atau tiga tahun saja, setelah itu kita cerai," katanya di Palu, saat menghadiri peresmian pelayanan terpadu satu pintu dan tujuh kantor urusan agama di Sulawesi Tengah.

Ia menjelaskan bahwa sesungguhnya semua agama menganggap pernikahan sebagai peristiwa sakral, bukan sekadar perjanjian antara umat manusia yang berbeda jenis kelamin.

"Tetapi perjanjian yang disaksikan atas nama Tuhan. Dan semua agama sangat memuliakan pernikahan," katanya.

Ia juga menekankan pentingnya pendidikan pra-nikah yang terstruktur, sistematis dan terencana bagi calon pasangan suami-istri, dalam upaya menekan angka perceraian.

"Sejak dua tahun lalu, kita serius membenahi pendidikan pra-nikah, dan kita sudah mengeluarkan tiga modul, dan akan terus kembangkan," katanya.

"Sebelum generasi muda kita menjadi ayah dan ibu nantinya, mereka harus diberikan wawasan yang baik, agar angka perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga tidak semakin meningkat," ia menambahkan.


Related

Romance 1758537387083773454

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item