Mengagumkan, Ini 10 Perempuan Muslim Paling Kaya di Dunia

Mengagumkan, Ini 10 Perempuan Muslim Paling Kaya di Dunia

Naviri Magazine - Tidak selamanya dunia berputar di sekeliling laki-laki. Kenyataannya, ada banyak perempuan di dunia ini yang memiliki pengaruh besar, yang kemampuan serta kemandiriannya mampu menjadikan banyak hal berputar. Perempuan-perempuan itu ada yang menjadi pengusaha, aktivis sosial dan kemanusiaan, filantropis, hingga menduduki jabatan-jabatan tertentu.

Berikut ini adalah sepuluh perempuan muslim yang memiliki pengaruh besar semacam itu, dari pengusaha sampai aktivitas hak asasi manusia. Mereka tidak hanya memiliki pengaruh penting bagi dunia, namun juga terkenal kaya-raya.

Putri Ameerah Al Taweel
Estimasi kekayaan: USD 28 miliar (Rp 392 triliun)

Putri Ameerah Al Taweel dari Arab Saudi pernah menikah dengan Pangeran Alwaleed Bin Talal (seorang pebisnis, investor, dan anggota keluarga Kerajaan Saudi), namun mereka bercerai di 2013.

Putri Ameerah merupakan Vice Chairperson dari Al-Waleed bin Talal Foundation, dan menjadi salah satu pemimpin di Silatech. Ia juga merupakan seorang humanitarian yang fokus terhadap program pemberdayaan perempuan, pelaku bantuan kesehatan, dan anggota Saudi Volunteering Society.

Ratu Rania dari Jordan 
Estimasi kekayaan: USD 750 juta (Rp 11 triliun)

Tak hanya disebut sebagai salah satu perempuan muslim terkaya di dunia dan merupakan istri Raja Jordan, Abdullah II bin Al-Hussein, Ratu Rania atau Queen Rania of Jordan juga menjadi sosok yang mendedikasikan dirinya terhadap hak-hak manusia, dan aktivis di dunia pendidikan.

Ratu Rania juga merupakan salah satu pemimpin di Arab Open University, Kuwait, dan Board of Directors dari International Youth Foundation.

Sheikha Mozah Bint Nasser
Estimasi kekayaan: USD 7 miliar (Rp 98 triliun)

Sheikha Mozah Bint Nasser dari Qatar memiliki pengaruh yang besar pada pemerintahan Qatar. Mozah Bint Nasser juga mencintai dunia fashion, terbukti dengan penampilannya yang stylish dan bisnis leather-goods miliknya yang bernama Le Tanneur.

Ia adalah istri kedua Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani, Emir Qatar (Keluarga Al-Thani yang secara turun-temurun memerintah Qatar) dari 1995 hingga 2013.

Rasha Khawaja 
Estimasi kekayaan: USD 1.5 miliar (Rp 21 triliun)

Rasha Khawaja adalah pendiri dan pemimpin Toucan, sebuah platform digital dan aplikasi untuk wirausaha dan pengusaha bisnis. Tak hanya itu, ia juga merupakan putri miliarder Wafic Said, ahli finansial dan pebisnis asal Syria-Arab Saudi.

Di 2012, Rasha menikah dengan Khaled Khawaja, dengan pesta pernikahan yang amat mewah dan mahal. Saking mewahnya, ia menerbangkan tamu-tamunya dengan jet pribadi, dan mengundang Robbie Williams sebagai penyanyi pernikahan mereka.

Princess Lalla Salma 
Estimasi kekayaan: USD 2.5 miliar (Rp 35 triliun)

Putri Lalla Salma Bennani asal Maroko menikah dengan Raja Mohammed VI di 2001 silam. Ia menjadi pemimpin perempuan Maroko pertama yang diberi titel kerajaan 'Her Royal Highness'.

Lalla Salma menjadi pendukung setia setiap gerakan asosiasi kanker dan Fex Sacred Music Festival.

Malala Yousafzai
Estimasi kekayaan: USD 3 juta (Rp 42 miliar)

Meski di usia muda, aktivis berani ini telah sukses membuat dirinya sebagai jutawan inspiratif. Ia adalah salah satu penerima Hadiah Nobel Perdamaian atas upayanya mengedepankan pendidikan dan hak-hak perempuan, setelah menderita luka tembak fatal yang membuatnya sempat berada dalam kondisi kritis.

Kabarnya, Malala selalu menyumbangkan sebagian besar penghasilannya untuk organisasi kegiatan amal yang fokus terhadap peningkatan pendidikan.

Salwa Idrissi Akhannouch 
Estimasi kekayaan: USD 1.5 miliar (Rp 21 triliun)

Salwa Idrissi Akhannouch adalah pengusaha perempuan asal Maroko yang mewarisi kekayaan sebesar 1,5 miliar AS dolar dari kakeknya, Haj Ahmed Benlafkih, yang merupakan seorang pengusaha.

Salwa adalah pendiri dan pemimpin Askal Group, yang memiliki 50 persen dari Morroco Mall di Afrika. Salwa juga pemilik franchise brand-brand populer seperti Pull & Bear, Zara, dan Banana Republic di Maroko.

Sheikha Maitha bint Mohammed 
Estimasi kekayaan: USD 40 miliar (Rp 560 triliun)

Sheikha Maitha berprofesi sebagai atlet taekwondo dan berkuda. Ia pernah memenangkan medali perak di acara karate kategori perempuan, pada Asian Games 2006 lalu.

Sultanah Nur Zahirah 
Estimasi kekayaan: USD 15 miliar (Rp 210 triliun)

Tuanku Nur Zahirah adalah Sultanah (dulu Permaisuri) dari kesultanan Terengganu, Malaysia, dan Raja Permaisuri Agung (Ratu) Malaysia yang ke-13.

Bersama suaminya, Sultan Mizan Zainal Abidin, ia memiliki empat anak, dan banyak berkontribusi sosial seperti proyek kesejahteraan di Malaysia. Ia juga merupakan Kanselir untuk Universiti Sultan Zainal Abidin.

Sheikha Hanadi Bint Nasser 
Estimasi kekayaan: USD 15 miliar (Rp 210 triliun)

Pemimpin Al Waab City Real Estate, Sheikha Hanadi Bint Nasser, bisa dibilang salah satu perempuan muslim terkaya di dunia, terlepas dari gelar kerajaan yang dimilikinya.

Ia seorang bankir, pemodal, dan pengusaha. Sheikha Hanadi juga investor sukses yang berperan sebagai Wakil Eksekutif untuk Nasser Bin Khaled Al Thani Holding.

Tak seperti kebanyakan perempuan di Timur Tengah yang lebih pasif dalam urusan publik, ia justru memiliki hak dan kontrol penuh terhadap keuangan dan pengawasan dalam proyek pembangunan yang dibentuk suaminya.

Baca juga: Resep Sukses Mark Zuckerberg Ternyata Meniru Bill Gates

Related

Figures 179747286648580849
item