Mengenal Jenis-jenis Peri dan Makhluk Halus di Sekitar Kita

Mengenal Jenis-jenis Peri dan Makhluk Halus di Sekitar Kita

Naviri Magazine - Sebagian orang percaya adanya makhluk-makhluk halus yang tidak terlihat mata manusia, dan makhluk-makhluk itu hidup di sekitar manusia. Di dunia barat, makhluk-makhluk halus tak kasatmata semacam itu umum disebut peri, dan merujuk pada berbagai bentuk makhluk halus.

Terdapat berbagai macam peri, dan tiap macam memiliki nama sendiri yang unik. Beberapa yang pernah diketahui mempunyai nama sebagai berikut:

Asrais; kecil, lembut, peri laki-laki. Tidak bisa terkena sinar matahari langsung; selain itu mereka akan meleburkan diri ke dalam kolam air.

Banshee; peri wanita, merupakan jiwa yang melekat pada keluarga-kelurga tertentu. Ketika seorang anggota keluarga mendekati ajalnya, keluarga itu akan mendengar banshee menangis. Tidak selalu menakutkan.

Bogles; umumnya merupakan goblin, walaupun mereka cenderung merugikan dengan cara melakukan kebohongan dan pembunuhan.

Brownies; umumnya senang berada di sekitar manusia dan pekarangan rumah. Bersahabat dan benar-benar membantu.

Dwarfs; bertubuh pendek gemuk dan kuat. Mencapai dewasa pada usia tiga tahun dan berwarna abu, dan berjenggot pada usia tujuh tahun. Disebutkan bahwa mereka tidak bisa terlihat di bawah sinar matahari, sehingga untuk melihatnya harus membawa mereka ke batu. Bagaimana pun, ada ramuan dan mantra-mantra yang bisa membuat mereka tahan terhadap sinar matahari.

Dryads; mereka adalah jiwa yang menghuni pohon-pohon, khususnya pohon oak. Druid menggunakan mereka sebagai sumber inspirasi.

Elves; nama lain dari pasukan peri yang diketahui. Mereka dibagi lagi menjadi Seelie dan Unseelie.

Fir Darrig (Fear Deang); secara praktis merupakan badut alam yang mengerikan. Mereka bisa mengubah wajahnya menjadi siapa pun yang diinginkannya.

Gnomes; elemen-elemen dasar bumi. Mereka hidup di bawah permukaan tanah dan menjaga harta-harta yang ada di bumi. Gnome adalah pekerja logam yang mengagumkan, khususnya untuk pedang dan baju besi.

Goblins; nama yang digunakan bagi spesies peri yang buruk. Tubuhnya kecil dan jahat, dan biasanya bergerombol karena akan kehilangan kemampuannya jika bertindak sendirian. Mereka biasanya dikendalikan oleh sebuah Mage untuk maksud-maksud jahat.

Gwragged Annwn (Gwageth anoon); merupakan peri air, yang kadang-kadang mengambil manusia pria untuk dijadikan suaminya.

Gwyllion; hantu air scotlandia. Mereka sering tampak sebagai laki-laki atau hantu wanita menyeramkan, yang mencegat dan menyesatkan para pejalan malam hari di jalan-jalan pegunungan. Peri gunung senang duduk di atas batu pada salah satu sisi dari jalur pegunungan, dan diam-diam mengawasi orang-orang yang menlintas.

HobGoblins; biasanya merupakan nama untuk makhluk kecil aneh namun bersahabat, biasa kita sebut kurcaci.

Knockers (Buccas); roh daerah pertambangan yang bersahabat dengan para penambang. Mereka mengetuk lapisan bijih yang banyak kandungan logamnya.

Leprechauns; sangat lihai dan licik dan dapat menghilang dalam satu kejapan mata. Mereka aktif pada hari-hari Saint Patrick, tetapi hari apa pun juga baik bagi mereka.

Mer-People-Mermaid; mereka tinggal di dalam air, tetapi mereka mirip manusia dari pinggang ke atas, dan memiliki ekor seperti ikan. Mereka sangat menarik, sehingga memikat nelayan-nelayan menuju kematiannya. Disebut juga Murdhuacha (muroo-cha) atau Merrows.

Pixies; sering berwujud landak. Mereka peri jahat yang senang mempermainkan manusia dan bangsa peri lainnya. Mereka juga senang mencuri kuda untuk ditunggangi.

Phouka; bisa terlihat dalam berbagai bentuk binatang, dan biasanya berbahaya.

Redcap; salah satu iblis yang terkenal dari old Border Goblins. Dia tinggal di reruntuhan menara atau kastil-kastil, terutama yang memiliki sejarah kejahatan. Dia mewarnai topinya dengan darah manusia.

Shefro; peri laki-laki yang mengenakan jubah hijau dan topi merah.

Sidhe (shee); nama untuk peri-peri yang tinggal di bawah permukaan tanah. Sebuah gundukan kuburan tua atau bukit kecil yang mempunyai pintu menuju kerajaan peri bawah tanah yang indah.

Sluagh; roh penasaran yang kematiannya tak termaafkan, atau para penyembah berhala. Merupakan lawan yang hebat bagi peri dataran tinggi.

Spriggans; berwajah jelek, aneh dan kerdil dalam dunia alami mereka, tetapi dapat mengubah bentuk dalam ukuran raksasa. Spriggans merupakan gerombolan penjahat yang keji, ahli dalam mencuri, perusak yang cekatan, dan membahayakan. Mereka mampu merampok rumah manusia, menculik anak-anak (dan meninggalkan bayi Spriggan yang menjijikkan sebagai gantinya).

Trolls; tidak suka terkena sinar matahari. Mereka sering melakukan tarian aneh, yang disebut Henking.

Trows; sama seperti Trolls dan menyukai mereka, anti terhadap sinar matahari. Mereka juga melakukan tarian Henking.

Urisk; merupakan peri terpencil yang sering mendiami kolam-kolam sepi. Dia sering menampakkan diri pada rombongan manusia, namun kemunculan yang aneh dan menyeramkan merupakan cara yang dilakukannya.

Water Fairies; penyedia makanan bagi tanaman-tanaman dan pengambil kehidupan. Mereka mengkombinasikan kecantikan dengan pengkhianatan dan kematian. Mereka bisa menjadi teman atau lawan.

Baca juga: Misteri Mothman, Siluman Mengerikan yang Meneror Amerika

Related

Mistery 9092045206145133884

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item