Yang perlu Diperhatikan agar Power Window Tidak Cepat Rusak

Yang perlu Diperhatikan agar Power Window Tidak Cepat Rusak

Naviri Magazine - Selain memiliki pintu, mobil juga dilengkapi jendela kaca di kanan kiri. Jendela mobil tentu bisa dibuka dan ditutup tergantung keperluan. Untuk memudahkan membuka atau menutup jendela, mobil-mobil modern pun dilengkapi power window.

Fitur power window sudah hampir pasti disematkan pada semua mobil penumpang baru yang meluncur di dalam negeri. Jadi bukan lagi diputar secara manual, membuka dan menutup jendela mobil hanya tinggal tekan tombol saja.

Namun, perlu diwaspadai faktor-faktor yang bisa membuat mesin pada power window cepat rusak. Muhammad Zuhdi, Senior Manager Service Division PT Honda Prospect Motor (HPM), mencoba memberikan tips.

“Tidak juga (rusak karena sering dinaik-turunkan). Kalau soal pemakaian, sudah dihitung pasti. Namun, yang menjadi masalah adalah ketika ada kotoran atau air di kaca, yang akhirnya menempel pada seal atau rubber kaca, biasanya seringnya di situ,” kata Zuhdi lu.

Karena kotoran yang menempel pada karet kaca, tutur Zuhdi, membuat karet menjadi keras atau getas. Efeknya membuat kerja motor power window menjadi lebih berat, dan lama-kelamaan menjadi lemah dan rusak.

“Kalau soal usia motornya tak ada hitungannya, dan tergantung dari penggunaannya sendiri. Tapi kasus yang lebih sering, karena ada kotoran-kotoran yang nempel di antara rubber tersebut,” ucap Zuhdi.

Perawatan

Buat mencegah hal itu terjadi pada mobil kita, Zuhdi menyarankan untuk melakukan perawatan atau pembersihan mobil secara berkala. Khusus untuk karet kaca, supaya terjaga kelembutannya dan tak menjadi keras, bisa oles atau semprotkan cairan khusus yang bisa dibeli di aftermarket.

“Jadi soal perawatannya sendiri kalau di diler akan diberikan silikon, untuk memperhalus dan menjaga lembutnya karetnya itu. Ini ada di aftermarket juga, silikon untuk pembersih karet kaca,” kata Zuhdi.

Baca juga: Alasan Memiliki Asuransi Mobil, dan Memahami Klaim Asuransi

Related

Tips 3122429117856139019

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item