Pulau Gunung Api, Tempat Berbahaya yang Dihuni Banyak Orang

Pulau Gunung Api, Tempat Berbahaya yang Dihuni Banyak Orang

Naviri Magazine - Sesuai namanya, pulau ini sebenarnya gunung berapi. Disebut juga Gunung Banda Api (641 mdpl) terletak di Kepulauan Banda, Maluku.

Sebagai pulau gunung api, tempat ini memiliki potensi bahaya erupsi. Dari bahaya primer seperti lontaran jatuhan piroklastika (bom dan abu vulkanik), aliran piroklastika (awan panas), dan aliran lava, hingga bahaya sekunder seperti lahar, letusan (freatik) sekunder akibat persentuhan antara produk gunung api yang masih panas dengan air laut, dan longsoran vulkanik yang kemungkinan dapat menimbulkan tsunami.

Masalahnya, kaki gunung masih dijadikan tempat bermukim warga karena tanahnya sangat subur untuk perkebunan cengkeh dan pala. Tingginya harga jual membuat warga bertahan. Contohnya, dari hasil kebun tersebut, mereka bisa menyekolahkan anak-anaknya hingga perguruan tinggi.

Erupsi suatu pulau gunung api seperti Gunung Banda Api sering berisiko tinggi, dan berdampak sosial lebih besar bagi penduduk setempat, dibandingkan penduduk sekitar gunung api yang berada di wilayah daratan.

Evakuasi penduduk pada waktu terjadi erupsi harus dilakukan dengan penyeberangan dari pulau gunung api ke pulau lain yang dianggap lebih aman. Pada erupsi Gunung Banda Api tahun 1988, hampir 8.000 orang diungsikan dari Kepulauan Banda ke Pulau Ambon dan Pulau Seram.

Baca juga: Pesona Lift Bailong, Lift Tertinggi di Alam Terbuka

Related

World's Fact 591419803729485085

Recent

item