Rio de Janeiro, Kota dengan Tingkat Kejahatan Mengerikan

Rio de Janeiro, Kota dengan Tingkat Kejahatan Mengerikan

Naviri Magazine - Seorang perempuan Brasil dijambret ketika sedang diwawancara dalam sebuah siaran langsung televisi, tentang tingkat kejahatan yang tinggi di kota tempat tinggalnya, Rio de Janeiro.

Perempuan itu, yang namanya tidak disebutkan, dalam wawancara itu mengeluhkan kurangnya kehadiran polisi pada siang hari, ketika seorang penjambret mencoba merebut kalung emas dari lehernya. Walau tidak mendapatkan perhiasan tersebut, tetapi pria itu memutuskan kalung emas tersebut dalam usahanya, sebelum melarikan diri ke seberang jalan menuju arus lalu lintas yang berlawanan.

Si pewawancara, yang bekerja untuk RJTV, berupaya mengejar pejambret itu, tetapi penjahat tersebut terlalu cepat baginya.

Rio merupakan kota yang dikenal di seluruh dunia karena tingkat kejahatannya yang tinggi, terutama di hampir 1.000 favelas (tempat kumuh) di luar kota utama, di mana geng dan kejahatan narkoba marak terjadi.

Pada Agustus tahun lalu saja, ada 406 pembunuhan di kota itu dan wilayah sekitarnya. Angka itu naik 40 persen dari tahun sebelumnya. Pada Agustus yang sama, juga ada 629 perampokan di angkutan umum. Angka penjambretan juga melonjak hampir 40 persen.

Baru-baru ini, tentara bersenjata yang didukung sejumlah helikopter dan kendaraan lapis baja menyerbu salah satu favelas terbesar di Brasil, yaitu Complexo da Mare. Penyerbuan itu dianggap sebagai “upaya bersih-bersih”.

Bulan lalu, sekitar 1.400 tentara dan polisi berpatroli di jalan-jalan Rio de Janeiro dalam rangka unjuk kekuatan, dan menekan tingkat kejahatan di daerah-daerah miskin.


Related

World's Fact 4479622664041401145

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item