Rujak Cingur Dinobatkan Makanan Tradisional Sehat dan Bergizi

Rujak Cingur Dinobatkan Makanan Tradisional Sehat dan Bergizi

Naviri Magazine - Siapa bilang kuliner tradisional kurang sehat? Ceritanya berbeda dengan rujak cingur. Selain memiliki cita rasa khas daerah, makanan tersebut juga dianggap mengandung gizi seimbang.

Perhimpunan Peminat Gizi Pangan (Pergizi Pangan) Indonesia memberikan penghargaan Peduli Gizi Kategori Pangan Sepinggan Tradisional terhadap rujak cingur, melalui Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Hardiansyah, mengatakan, pihaknya bersama Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) mengapresiasi pemerintah daerah yang mengembangkan pangan sepinggan tradisional. Sebab, dinilai memiliki keunggulan gizi.

''Memenuhi prinsip yang seimbang, yakni mengandung karbohidrat, lauk pauk, serta sayuran dan buah," kata Hardiansyah.

Sebelum menetapkan wilayah penerima penghargaan, dia mengatakan, tim juri telah melakukan proses penilaian. Diawali dengan survei ke lapangan dan studi literatur hingga mencermati nama, bahan/komposisi, resep, pengolahan, dan foto penyajian.

Dia berharap, penghargaan ini dapat mempromosikan rujak cingur di skala nasional maupun internasional. Dengan demikian, akan berdampak pada meningkatnya potensi ekonomi di Surabaya.

Baca juga: Di Korea, Ada Minuman yang Dibuat dari Tinja Manusia

Related

Food 7387298640704313324
item