Sejarah dan Asal Usul Amerika Hingga Menjadi Negara Adidaya

Sejarah dan Asal Usul Amerika Hingga Menjadi Negara Adidaya

Naviri Magazine - Amerika Serikat merupakan negara yang terletak di benua Amerika. Amerika Serikat, yang dalam bahasa Inggris disebut United States of America (USA), dikenal sebagai negara superpower atau negara adidaya.

Hal ini karena Amerika Serikat memiliki peran penting dalam kehidupan bernegara di muka bumi. Negara yang sering disebut negeri Paman Sam ini dipimpin oleh seorang presiden.

Amerika Serikat berbentuk republik federal, yang terdiri atas 50 negara bagian dan sebuah distrik federal. Dua negara bagian Amerika Serikat berada di luar kawasan Amerikan Serikat, yaitu Alaska di utara, Kanada dan Hawaii di kawasan Pasifik.

Secara geografi, Amerika Serikat berbatasan langsung dengan Meksiko dan Teluk Meksiko di sebelah selatan, dengan Kanada di sebelah utara, dengan Samudera Pasifik di sebelah barat, dan berbatasan dengan Samudera Atlantik di sebelah timur.

Negara yang beribu kota di Washington DC ini menjadi negara merdeka setelah memproklamasikan diri dari penjajahan Britania Raya pada 4 Juli 1776.

Sejarah Amerika Serikat

Sebelum bangsa Eropa datang ke Benua Amerika, benua ini dihuni penduduk asli yang bernama Indian. Namun, semakin gencarnya invasi yang dilakukan bangsa Eropa di kawasan benua ini, populasi penduduk suku Indian semakin menurun drastis.

Sejarah terbentuknya Amerika Serikat diawali dengan terbentuknya 13 koloni bekas penjajahan Inggris, setelah deklarasi kemerdekaan pada 4 Juli 1776. Awalnya, struktur politik Amerika Serikat adalah sebuah kofederasi. Namun, setelah terbentuknya Konstitusi Amerika Serikat, koloni-koloni tersebut sepakat untuk membentuk sebuah negara federasi.

Pada abad ke-19, kekuatan Amerika Serikat mulai meluas ke seluruh kawasan Amerika Utara. Dengan mengandalkan kekuatan militer, lobi diplomasi, dan sedikit paksaan, Amerika Serikat berhasil memperoleh negara bagian lainnya, baik di dalam negara maupun di luar negara.

Negara bagian yang diperoleh antara lain Louisiana, yang dibeli dari Perancis, dan Alaska yang dibeli dari Rusia. Selain itu, Amerika Serikat merebut daerah milik Meksiko, yaitu New Meksiko, Texas, dan California, setelah Perang Meksiko-Amerika Serikat.

Semakin banyak negara bagian yang dimiliki Amerika Serikat, mengakibatkan pertentangan antara negara bagian di kawasan utara dan negara bagian yang berada di kawasan selatan. Pertentangan yang terjadi mengenai masalah hak-hak negara bagian.

Akhirnya, pertentangan yang terjadi menimbulkan Perang Saudara di Amerika. Perang Saudara tersebut terjadi pada 1860. Dari perang saudara itu, negara bagian dari kawasan utara berhasi menang dan mempertahankan persatuan negara.

Amerika Serikat memiliki sejarah kelam mengenai perbudakan. Dalam perbudakan, golongan kulit hitam dianggap sebagai golongan warga kelas dua di bawah golongan kulit putih. Diskriminasi warna kulit ini pun merupakan salah satu penyebab terjadinya Perang Saudara. Perang Saudara yang menjadi bagian sejarah AS ini terjadi pada 1861-1865.

Bicara soal peperangan, Amerika Serikat termasuk negara yang aktif dalam peperangan yang pernah terjadi di dunia. Perang-perang besar yang melibatkan Amerika Serikat antara lain Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Pada era 1960-an, Amerika Serikat pun terlibat Perang Dingin dengan salah satu kekuatan besar di dunia, yaitu Uni Soviet (Rusia) yang dipengaruhi komunisme.

Untuk membendung penyebaran paham komunisme di Asia, Amerika Serikat berperan aktif melawan Uni Soviet, misalnya dalam Perang Korea dan Perang Vietnam. Setelah Uni Soviet pecah, Amerika Serikat tumbuh menjadi negara yang memiliki kekuatan dalam bidang ekonomi, militer, budaya, dan politik.

Baca juga: Sejarah Panjang Terusan Panama, Jalur Penting Kapal-kapal Dunia

Related

World's Fact 7269524671303695347

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item