Sejarah dan Asal Usul Lahirnya Uang Logam di Dunia

Sejarah dan Asal Usul Lahirnya Uang Logam di Dunia

Naviri Magazine - Jauh sebelum uang logam dibuat, orang-orang biasa menggunakan batu-batuan mulia, batangan logam, kulit kerang, dan juga hewan, sebagai uang. Mereka menggunakan benda-benda itu untuk membayar atau menukar barang-barang tertentu yang mereka inginkan.

Uang logam yang pertama dibuat di Turki, lebih dari 2.200 tahun yang lalu. Bentuknya seperti potongan logam, dengan stempel kerajaan disegel di atasnya.

Kapan uang logam pertama kali digunakan?

Uang logam telah digunakan pada abad ketujuh Sebelum Masehi, dan bangsa Lydia dikenal sebagai pembuat uang logam pertama di dunia. Mereka adalah bangsa yang tinggal di Asia Kecil, namun dikenal sebagai bangsa yang kaya dan kuat.

Uang logam buatan mereka pertama kali dibuat menggunakan electrum, suatu bahan yang merupakan campuran alami antara emas dan perak (dengan komposisi 75 persen emas dan 25 persen perak). Uang logam itu disebut “stater” atau “standard”, dan ukuran serta bentuknya seperti kacang polong.

Kemudian, orang Yunani melihat uang logam buatan bangsa Lydia tersebut, dan menghargai kegunaannya. Maka mereka pun membuat uang logam mereka sendiri, yang kemudian bertahan hingga 500 tahun.

Dalam sejarah, uang logam pernah dibuat dari emas murni, dan dinilai sebagai mata uang yang paling berharga. Uang logam jenis ini bertahan hingga tahun 1933. Kemudian, di bawahnya, uang logam juga pernah dibuat menggunakan perak, dan uang logam jenis itu bertahan hingga tahun 1964. Uang logam jenis terakhir dibuat menggunakan tembaga, dan bertahan hingga saat ini.


Related

Money 5796309916260194867
item