Begini Cara dan Tahapan Memperoleh Sertifikasi SNI

Begini Cara dan Tahapan Memperoleh Sertifikasi SNI

Naviri Magazine - Kewajiban pengusaha Industri Kecil dan Menengah mainan anak untuk memenuhi standar nasional Indonesia (SNI), menimbulkan pertanyaan pengusaha mainan anak mengenai bagaimana cara mendapatkan sertifikasi SNI tersebut.

Auditor Sertifikasi Produk PT Sucofindo, Bayu Sukma, menjelaskan, ada beberapa tahap yang harus dilalui agar produk mainan anak mampu mendapatkan sertifikasi SNI.

"Mengurusnya bisa datang ke Sucofindo. Pertama, melengkapi formulir di Sucofindo, kemudian setelah itu harus registrasi di Kementerian Perindustrian. Setelah itu, tim kami akan mendatangi perusahan untuk mengambil sampling produk. Kita hanya mengambil sampling, tidak semua. Kemudian sampel akan dikirim ke laboratorium untuk pengujian. Setelah dinyatakan lolos, baru kita akan mengeluarkan rekomendasi SPPT SNI," papar Bayu di Jakarta.

Ia menjelaskan, sertifikat SNI produk yang sudah didapatkan pengusaha hanya untuk kurun waktu enam bulan. Setelah enam bulan, produksi yang sudah mendapatkan sertifikat SNI harus kembali diuji.

Setelah semua proses sertifikasi tersebut dilakukan, kementerian perindustrian dan Sucofindo akan mengeluarkan sertifikat SNI paling lama lima hari setelah proses sertifikasi selesai.

Sementara untuk melengkapi persyaratan, pengusaha mainan anak diwajibkan melengkapi beberapa aplikasi yang berada di Sucofindo dan Kementerian Perindustrian.

"Persyaratan Aplikasi. Pengisian formulir, mengisi daftar jenis dan katagori produk, foto produk, surat ijin usaha dan industri, sertifikat merek atau tanda bukti pendaftaran merk, dan NPWP. Di kementerian perindustrian, dapat surat pencatatan dari Dirjen Perindustrian," katanya.

Untuk harga, ia mengaku, sufocindo tidak berwenang mengenai hal itu. Menurut Bayu, harga akan disesuaikan dengan komponen-komponen apa saja yang akan diuji.

Baca juga: Perlu Tahu, 23 Emiten Ini Dinyatakan Tidak Syariah Lagi

Related

Business 5868292649103167211

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item