Ternyata, Stephen Hawking Bukan Cuma Pintar tapi Juga Kaya-Raya

Ternyata, Stephen Hawking Bukan Cuma Pintar tapi Juga Kaya-Raya

Naviri Magazine - Stephen Hawking sudah diakui sebagai salah satu orang yang sangat pintar, bahkan kerap disandingkan dengan Albert Einstein yang terkenal sebagai ilmuwan paling cerdas di abad 20.

Pada 14 Maret 2018 lalu, Stephen Hawking meninggal dunia, dan membuat jutaan orang berduka serta kehilangan. Belakangan terungkap bahwa Stephen Hawking tidak hanya sangat pintar dalam ilmu pengetahuan, namun juga kaya-raya.

Semasa hidupnya, Hawking memecahkan berbagai misteri di dunia, menulis buku bestseller internasional, serta muncul di berbagai acara televisi. Seberapa besar kekayaannya? Dan bagaimana dengan kisah hidupnya? Berikut ini fakta-fakta tentang Hawking.

Untuk ukuran seorang ilmuwan, nama Hawking tergolong dalam jajaran ilmuwan terkaya. Kekayaannya diperkirakan mencapai 20 juta dolar AS atau setara Rp270 miliar. Dari mana saja sumber kekayaannya?

Selain dari penghasilannya sebagai profesor di Cambridge University, Inggris, Hawking juga memiliki banyak kegiatan lain yang berperan dalam menggemukkan kantongnya.

Ternyata, mayoritas kekayaan bersihnya berasal dari penjualan bukunya yang sangat populer, A Brief History of Time. Buku yang mengeksplorasi dan menjelaskan konsep alam semesta untuk orang awam itu laris manis.

Sejak diterbitkan pada 1988, A Brief History of Time terjual setidaknya hingga 10 juta eksemplar, dan menjadi bestseller internasional. Buku itu juga sudah diterjemahkan ke dalam 40 bahasa.

Hawking juga mendapat pemasukan dari berbagai buku lain yang dia tulis. Karyanya yang lain termasuk Black Holes and Baby Universes and Othe Essays, The Universe in a Nutshell, hingga buku anak-anak.

Pundi-pundi kekayaannya juga bertambah ketika pada 2012 dia memenangkan The Fundamental Physics Prize. Jumlah hadiah yang dia terima sebesar 3 juta dolar AS, dan terbilang hadiah terbesar dalam bidang sains.

Kantong pria ini juga makin tebal karena sering tampil dalam berbagai acara televisi. Dia menampakkan wajahnya lewat The Simpsons, Star Trek, hingga The Big Bang Theory. Jadi, wajar jika dia punya jumlah kekayaan yang lumayan.

Baca juga: Ini 9 Drama Terkenal Shakespeare, Pujangga Terbesar Inggris

Related

Science 454689701755341336

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item