Mengenal Tornado, Pusaran Angin Dahsyat yang Mengerikan

Mengenal Tornado, Pusaran Angin Dahsyat yang Mengerikan

Naviri Magazine - Tornado adalah kolom udara yang berputar kencang, yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau—dalam kejadian langka—dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah.

Tornado muncul dalam banyak ukuran, namun umumnya berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas. Ujungnya yang menyentuh Bumi tampak menyempit, dan sering dikelilingi awan yang membawa puing-puing.

Apa yang menyebabkan tornado?

Perubahan lapisan udara merupakan pemicu lahirnya tornado. Jika lapisan udara dingin berada di atas lapisan udara panas, udara panas akan naik dengan kecepatan 300-an kilometer per jam. Udara yang menyusup dari sisi itulah yang mengakibatkan angin berputar sehingga membentuk tornado.

Ketika sudah terbentuk sempurna, tornado dapat memiliki kecepatan hingga 400 kilometer per jam, dengan lebar cerobong antara 15 sampai 365 meter.

Apa yang disebut arus jet?

Arus jet adalah angin kencang yang bertiup dengan kecepatan lebih dari 160 kilometer per jam. Arus ini terletak di antara lapisan atmosfer pertama dan kedua. Lapisan atmosfer yang pertama disebut troposfer, dan lapisan di atasnya disebut stratosfer. Arahnya biasanya dari barat ke timur.

Keberadaan arus jet itu berbahaya bagi pesawat yang berlawanan arahnya, namun sangat bermanfaat bagi pesawat yang searah, karena dapat menghemat bahan bakar dan mempercepat penerbangan.


Related

Science 4069665903817998072

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item