Ternyata, Tubuh Manusia Mengandung Jutaan Bakteri Tak Terlihat

Ternyata, Tubuh Manusia Mengandung Jutaan Bakteri Tak Terlihat

Naviri Magazine - Bakteri dapat ditemukan pada tubuh manusia, terutama di dalam saluran pencernaan yang jumlah selnya 10 kali lipat lebih banyak dari jumlah total sel tubuh manusia. Karena itu, kolonisasi bakteri sangat mempengaruhi kondisi tubuh manusia.

Terdapat beragam jenis bakteri yang mampu menghabitasi daerah saluran pencernaan manusia, terutama pada usus besar, di antaranya adalah bakteri asam laktat dan kelompok enterobacter. Contoh bakteri yang biasa ditemukan adalah Lactobacillus acidophilus.

Selain itu, terdapat pula kelompok bakteri lain, yaitu probiotik, yang bersifat menguntungkan, karena dapat menunjang kesehatan dan mampu mencegah terbentuknya kanker usus besar. Selain di dalam saluran pencernaan, bakteri juga dapat ditemukan di permukaan kulit, mata, mulut, dan kaki manusia.

Di dalam mulut dan kaki manusia terdapat kelompok bakteri yang dikenal dengan nama metilotrof, yaitu kelompok bakteri yang mampu menggunakan senyawa karbon tunggal untuk menyokong pertumbuhannya. Di dalam rongga mulut, bakteri ini menggunakan senyawa dimetil sulfida yang berperan dalam menyebabkan bau pada mulut manusia.

Baca juga: Mengenal Pembiakan Sel, Hibridisasi Sel, dan Fraksinasi Sel

Related

Science 305474464739889160

Recent

item