Ini Penyebab Wajah Benjamin Franklin Ada di Uang Dollar Amerika

Ini Penyebab Wajah Benjamin Franklin Ada di Uang Dollar Amerika

Naviri Magazine - Sangat wajar kalau Amerika memuat foto wajah Benjamin Franklin dalam lembaran uang dollar mereka, karena Benjamin Franklin memiliki banyak peran penting—sekaligus tokoh hebat—dalam sejarah Amerika.

Benjamin Franklin (1706-1790) adalah salah satu pendiri Amerika Serikat, dan ia ditetapkan sebagai salah satu pahlawan nasional. Tapi ia bukan hanya politisi atau negarawan, melainkan juga ahli fisika, pencipta, penulis, dan penggubah musik.

Sebagai ahli fisika, ia dikenal dengan percobaan-percobaannya di bidang fisika listrik. Sebagai politisi, ia salah satu tokoh kunci dalam peristiwa kemerdekaan Amerika, dan salah satu perumus Declaration of Independence atau Deklarasi Kemerdekaan Amerika, Treaty of Paris atau Perjanjian Paris, dan United States Constitution atau Undang-Undang Dasar Amerika. Ketiga naskah itu adalah naskah terpenting bagi Amerika Serikat.

Sebagai pencipta, Benjamin Franklin adalah orang pertama yang menciptakan penangkal petir, kompor franklin, pipa medis yang dimasukkan ke tubuh pasien, sirip renang, kacamata bifokal untuk penderita rabun jauh dan rabun dekat, kursi goyang, dan lain-lain. Selain itu, ia juga seorang penulis buku yang sukses.

Benjamin Franklin juga menguasai beberapa jenis alat musik, bahkan pernah menggubah musik, dan pernah menciptakan alat musik yang disebut armonika gelas (bukan harmonika). Dengan segala prestasi dan peran pentingnya, tentunya wajar kalau Amerika kemudian mengabadikan wajah Benjamin Franklin dalam lembaran uang mereka.


Related

Money 2700286584353764179

Recent

item