Ternyata, YouTube Berawal Sebagai Situs Pencari Jodoh

Ternyata, YouTube Berawal Sebagai Situs Pencari Jodoh

Naviri Magazine - Dengan jumlah pengunjung mencapai angka miliaran setiap bulan, YouTube merupakan situs video terpopuler sejagat internet. Namun, ada fakta mengejutkan soal awal mula YouTube. Layanan video sharing itu awalnya ternyata tidak dibuat untuk berbagi video, melainkan sebagai penjual jasa cari jodoh.

Hal tersebut diungkapkan baru-baru ini oleh salah seorang pendiri YouTube, Steve Chen, ketika berbicara dalam konferensi SXSW di Austin, Texas, AS.

"Kami selalu berpikir, video akan digemari. Namun, kami bertanya-tanya bagaimana penerapannya agar praktis di kehidupan nyata," kata Chen. "Lalu, kami pikir, kencan adalah pilihan yang paling mudah."

Pendaftaran nama domain situs YouTube pun dilakukan pada tanggal 14 Februari, yang sering diperingati sebagai Hari Kasih Sayang (Valentine's Day).

"Awalnya, (pendaftar) hanya tiga orang yang pada Hari Valentine tidak punya kegiatan apa-apa," kata Chen, mengenang hari-hari awal YouTube.

Visi Chen dan kawan-kawan untuk YouTube versi awal terdengar mirip-mirip Tinder, tetapi dengan memanfatkan video. Para jomblo diajak mengunggah video profil mereka, dan mengungkapkan kriteria pasangan yang dicari.

Setelah lima hari, tidak ada satu video pun yang diunggah di YouTube. Barulah setelah itu, para pendirinya menanggalkan elemen "mak comblang" dalam YouTube.

"Oke, (kami pikir) marilah lupakan aspek kencannya, buka saja untuk semua jenis video," kata Chen lagi.

Keputusan itu ternyata jitu. Popularitas YouTube lambat laun menanjak hingga akhirnya diakuisisi Google dengan nilai 1,6 juta dollar AS pada 2006 lalu.

Baca juga: Ini 8 Channel Youtube Indonesia Dengan Subscriber Terbanyak

Related

Internet 8773083997412323071

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item