Asal Usul Lahirnya Kertas di Dunia dan Kisah Penemunya

Asal Usul Lahirnya Kertas di Dunia dan Kisah Penemunya

Naviri Magazine - Dua ribu tahun yang lalu, seorang pria di Cina bernama Ts’ai Lun membuat kertas dengan mengambil kulit kayu bagian dalam yang mengandung banyak serat dari pohon mulberry, dan menumbuknya dalam air hingga menjadi seperti benang pipih.

Setelah itu, ia menempatkan larutan bubur kayu tersebut dalam nampan datar yang terbuat dari anyaman bambu halus.

Air dibiarkan mengalir melewati bambu, dan benang-benang tersebut dibiarkan sampai kering. Hasilnya adalah bahan datar dan berserat yang dianggap sebagai kertas. Itulah kertas pertama di dunia, dan Ts’ai Lun pun disebut sebagai penemu kertas.

Seperti semua penemuan lain, berbagai perbaikan dan penyempurnaan dilakukan berangsur-angsur, salah satunya dengan mengoleskan tepung kanji di atas kertas, hingga produksi kertas semakin hari semakin baik.

Ketika para pedagang Cina bepergian ke Rusia dan Timur Tengah, rahasia pembuatan kertas pun segera menjadi pengetahuan penting di seluruh dunia, hingga masuk ke Eropa.

Sampai kemudian, pada 1798, Louis Robert di Prancis mengembangkan mesin pertama yang bisa menghasilkan kertas yang tidak terputus. Penemuan revolusioner itu memicu pembuatan kertas dalam jumlah besar. Di abad selanjutnya, Fourdrinier bersaudara di Inggris mengembangkan mesin temuan Louis Robert, dan produksi kertas pun makin canggih dan modern.

Related

World's Fact 1683709150151303082

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item