Bee Hummingbird, Burung Kecil Paling Lincah di Dunia

Bee Hummingbird, Burung Kecil Paling Lincah di Dunia

Naviri Magazine - Ada jenis burung yang gemar mengisap madu bunga. Dialah burung terkecil di dunia, bernama Bee Hummingbird. Bee Hummingbird tergolong jenis burung kolibri yang hanya ada di daerah Kuba. Sehingga sering juga disebut Burung Lebah Kuba. Burung ini sangat kecil, panjangnya hanya 5 cm, dan beratnya 1,8 gram. Kira-kira seukuran jempol orang dewasa.

Seperti namanya, burung ini juga berperilaku seperti lebah, yaitu gemar memakan nektar dari bunga-bunga. Mereka mengisap nektar menggunakan paruhnya yang panjang, dan lidahnya yang menyerupai pipa sedotan.

Dalam satu hari, seekor Bee Hummingbird mampu menjelajahi 1.500 bunga. Berbeda dengan jenis burung lain, Bee Hummingbird mampu terbang di tempat. Kemampuan ini seperti sangat pas dengan kebiasaannya yang suka mengisap madu.

Kepak sayapnya sangat cepat. Dalam satu detik, burung ini mampu menggerakkan sayapnya sebanyak 90 kali. Kita bahkan tidak bisa melihat sayapnya saat dia terbang.

Bee Hummingbird jantan lebih kecil dari jenis betina. Bulu-bulunya berwarna-warni sangat indah. Burung jantan berwarna hijau pada kepala, dan merah di bagian bawah paruhnya. Burung betina berwarna biru kehijauan.

Ketika hendak bertelur, burung betina membangun sarang. Sarangnya berukuran lebar 2 cm dan dalamnya 3 cm. Telurnya lebih kecil daripada biji kacang. Burung betina hanya bertelur 2 buah. Hanya burung betina yang mengerami telurnya hingga menetas.

Karena banyak keunikan tersebut, burung ini banyak diburu, bahkan sampai terancam punah sehingga burung ini dilindungi.

Related

Science 7662378682585121555
item