Ini Penyebab Bersih-bersih Rumah Bisa Menghilangkan Stres

 Ini Penyebab Bersih-bersih Rumah Bisa Menghilangkan Stres

Naviri Magazine - Pulang kuliah atau pulang kerja, kita tentu merasa senang saat melihat rumah atau kamar kos terlihat bersih, rapi dan teratur. Karena itu pula, kita pun biasanya rajin membersihkan rumah atau kamar tempat tinggal, agar senantiasa bersih dan rapi.

Bagi sebagian orang, meluangkan waktu sebentar untuk mengepel lantai dapur yang penuh cipratan minyak bisa punya efek yang menenangkan seperti meditasi atau yoga. Bahkan, bagi mereka, pemandangan rumah yang bersih dan rapi sudah cukup bikin mereka lupa segala masalah yang mereka miliki.

Jika kalian merasa seperti ini, maka sebenarnya sudah ada penjelasan saintifik kenapa pemandangan rumah yang bersih atau kegiatan bersih-bersih bisa mengurangi tingkat stres dan kegelisahan, ujar Darby Saxbe, seorang asisten profesor psikologi di University of Southern California.

“Kegiatan bersih-bersih memberi pelakunya sensasi memegang kendali lingkungan di sekitarnya,” katanya. “Hidup penuh dengan ketidakpastian. Banyak situasi yang tak bisa kita kontrol. Tapi dengan bersih-bersih, kita memastikan kendali kondisi rumah ada di tangan kita. Di samping itu, kondisi rumah yang semrawut bisa sangat mengganggu, lantaran mengingatkan kita pada pekerjaan yang belum kita kelarkan.”

Dari sudut pandang yang lebih praktis, banyak orang merasa lebih nyaman bila mudah mengakses barang-barang yang mereka butuhkan. Sebaliknya, hidup di rumah atau kosan yang semrawut, hingga kita kesulitan mencari tiap barang yang kita butuhkan, meningkatkan stres, kata Darby.

Penelitian yang dikerjakan Darby bahkan menyimpulkan bahwa perempuan yang hidup di rumah yang berantakan akan mengalami depresi di siang hari, sementara mereka yang tinggal di dalam rumah yang semuanya tertata rapi lebih terhindar dari suasana hati yang depresif.

Related

Psychology 8604769870332562279

Recent

item