Bono U2, Penyanyi Legendaris Sekaligus Aktivis Politik Terkenal

Bono U2, Penyanyi Legendaris Sekaligus Aktivis Politik Terkenal

Naviri Magazine - Paul David Hewson, yang lebih dikenal dengan nama Bono, lahir pada 10 Mei 1960. Bono merupakan nama panggungnya, sementara nama julukannya adalah Bono Vox. Dia vokalis utama kelompok musik rock Irlandia, U2.

Sejak pertengahan ‘80-an, Bono telah aktif menggalang dana lewat konser Band Aid dan konser Live Aid serta Live 8. Semenjak 1999, ia semakin terlibat dalam melakukan kampanye penghapusan utang dunia ketiga dan penderitaan Afrika.

Selain mengurusi band, Bono membentuk sebuah organisasi yang dinamai “DATA”, yang merupakan singkatan Debt, Aids, Trade in Africa (Utang, AIDS, Perdagangan di Afrika). Fokus organisasi ini adalah membangkitkan kesadaran tentang apa yang diklaimnya sebagai utang Afrika yang tidak dapat terbayar, AIDS yang tak terkendali, dan aturan-aturan perdagangan yang merugikan rakyat miskin benua itu.

Pada Februari 2006, Bono tercatat di antara 191 orang yang dicalonkan untuk mendapatkan Hadiah Nobel untuk Perdamaian.

Dalam urusan bermusik, Bono dan U2 benar-benar berada di puncak ketika The Joshua Tree dirilis pada 1987. Album ini merebut posisi nomor satu di daftar album terlaris Inggris dalam waktu sangat singkat, dan kemudian mulai merambah Amerika, dan bertahan hingga sembilan pekan.

Karena lagu andalannya benar-benar merajai, U2 sempat jadi laporan utama majalah Time, dengan judul Tiket Rock Terpanas. Itu kehormatan yang hanya didapat oleh dua band lain, The Beatles dan The Who.

Sekarang, sudah 30 tahun berkarya, U2 masih berjaya sebagai salah satu band paling berpengaruh di dunia, dan mendapat beragam penghargaan, termasuk 2 buah Grammy Awards.

Related

Celebrity 4784864975674468917

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item