Captain Marvel, Superhero Wanita yang Menandingi Wonder Woman

Captain Marvel, Superhero Wanita yang Menandingi Wonder Woman

Naviri Magazine - Dua tahun silam, DC Entertainment membawa Wonder Woman ke layar lebar. Hasilnya menggembirakan, sampai-sampai dianggap film terbaik DC (sejauh ini).

Marvel Studios tak mau kalah. Mulai awal Maret 2019 warga dunia disuguhi Captain Marvel, film superhero perempuan pertama Marvel Cinematic Universe (MCU).

Brie Larson terpilih memerankan Carol Danvers alias Captain Marvel. Pada permulaan film ia belum mengetahui nama asli tersebut, juga asal-usulnya sebagai warga bumi. Ia justru tampil sebagai seorang prajurit perempuan bernama Vers yang menghuni Kerajaan Kree, ibukota planet Hala.

Vers sering melihat kilasan-kilasan masa lalunya sebagai seorang pilot di dalam mimpi. Saat terbangun ia mesti menjalankan rutinitas latihan bela diri dengan mentornya, Yon-Rogg (Jude Law). Yon-Rogg pula yang memimpin misi kru untuk menyelamatkan satu prajurit yang sedang ditawan oleh bangsa Skrull.

Permusuhan antara Kree dan Skrull telah berlangsung sejak lama. Orang-orang Skrull sering menjadi korban perburuan otoritas Kree. Misi mula-mula berjalan lancar, hingga kemudian diketahui bahwa penawanan anggota Kree hanyalah jebakan untuk menculik Vers.

Skrull membawa Vers ke pesawat mereka untuk diekstrak memorinya. Lagi-lagi yang keluar adalah ingatan sebagai pilot di bumi. Ia mampu kabur berkat kekuatan sinar foton yang tersimpan di kedua tangannya. Kapsul yang ia gunakan untuk kabur meledak, lalu ia jatuh ke permukaan bumi.

Orang-orang Kree menyebutnya sebagai Planet C-53. Vers jatuh tepat di sebuah gedung penyewaan DVD film Blockbuster (maklum, film berlatar tahun 1995). Vers kemudian menjalani petualangan bersama anggota tim S.H.I.E.L.D Nick Fury (sebelum satu matanya buta). Fury sebelumnya ditugaskan untuk menangkap Vers, namun lama-kelamaan membantu Vers dalam menyelesaikan misinya.

Di luar baku hantam dan kejar-kejaran saat keduanya diburu tim S.H.I.E.L.D., petualangan Vers tidak hanya ditujukan untuk menguliti kebenaran-kebenaran yang tersembunyi. Ia juga melakukan pencarian jati diri sebagai Danvers, seorang pilot angkatan udara Amerika Serikat dan masa lalunya yang berat.

Captain Marvel memenuhi standar film laga yang cukup menyenangkan untuk ditonton penonton kalangan usia remaja hingga dewasa (ratingnya PG-13 alias untuk 13 tahun ke atas). Kualitasnya tengah-tengah. Tidak buruk, tapi juga belum ke level spesial.

Potensi terbesarnya memang bukan pada efek visual atau koreografi bela diri. Captain Marvel justru bisa jadi pancingan untuk memulai perbincangan seputar superhero feminis karena menyajikan progres yang belum nampak dalam Wonder Woman.

Related

Film 6624565950114043447

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item