Channel Tunnel, Terowongan Kereta Terpanjang yang Dibangun di Dasar Laut

Channel Tunnel, Terowongan Kereta Terpanjang yang Dibangun di Dasar Laut

Naviri Magazine - Terowongan Seikan di Jepang adalah terowongan kereta dasar laut terpanjang di dunia. Namun, jika dihitung daerah bawah lautnya, maka Channel Tunnel yang sepanjang 50,5 kilometer menjadi terowongan bawah laut terpanjang.

Terowongan Seikan memiliki panjang 39 kilometer di dasar laut, dan terowongan itu menghubungkan Inggris dengan Prancis. Terowongan itu juga menjadi proyek infrastruktur terbesar di Eropa.

Terowongan Channel 

Terowongan Channel (Channel Tunnel) adalah terowongan rel sepanjang 50 kilometer di bawah Selat Inggris, tepatnya di Selat Dover, yang menghubungkan Cheriton, Kent, di selatan Britania Raya, dan Coquelles, Calais, di utara Prancis.

Terowongan itu dibangun dengan cincin beton setebal 45 sentimeter, dilapisi beton bertulang yang mampu menahan guncangan bom atau gempa bumi, sehingga kecil kemungkinan bisa runtuh.

Proyek berbiaya besar itu awalnya dimulai dengan beberapa kesalahan, hingga akhirnya selesai dibangun dan diresmikan pada 6 Mei 1994.

Di terowongan tersebut, kereta barang bisa melaju dengan kecepatan hingga 140 kilometer per jam, sementara kereta penumpang bisa melaju dengan kecepatan 160 kilometer per jam. Channel merupakan terowongan rel terpanjang kedua di dunia setelah Terowongan Seikan di Jepang.

Related

World's Fact 1050495636891824267

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item