Di Turki, Para Petani Bikin Teknologi Panel Surya Dibantu Keledai

Di Turki, Para Petani Bikin Teknologi Panel Surya Dibantu Keledai

Naviri Magazine - Teknologi telah menyentuh pedesaan di Turki. Minimnya pembangkit tenaga listrik tak membuat sekelompok petani di Provinsi Izmir galau. Mereka membuat pembangkit tenaga matahari yang ditarik oleh seekor keledai.

Daily Mail melaporkan, dengan ide ini para petani tetap bisa berselancar di Internet melalui komputer jinjing mereka. Selain cemerlang, tentu ini sangat ramah lingkungan.

Pembangkit ini bisa menyimpan energi sebesar 5-7 kilowatt. Petani menempatkan si keledai berjalan-jalan di bawah sinar mentari, hingga panel terisi penuh, juga baterai laptopnya, hingga bisa mengecek berita-berita terhangat di Internet.

Untuk mengisi baterai ponsel, hanya dibutuhkan sekitar enam watt saja. Satu panel bisa mengisi seribu ponsel sekaligus sampai penuh.

Panel ini diproduksi oleh perusahaan Ser Gun seharga Rp 26,9 juta. Direktur Ser Gun, Tamer Ugurluel, mengatakan bantuan ini merupakan proyek kolaborasi antara perusahaan, pemerintah, pemerintah provinsi, dan masyarakat Desa Izmir.

Pemerintah Turki juga telah menggelontorkan dana untuk pengadaan panel surya di beberapa tempat publik.

Related

World's Fact 9002561288731574971

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item