Diet Bebas Gluten Membantu Tubuh Lebih Sehat dan Jarang Sakit

Diet Bebas Gluten Membantu Tubuh Lebih Sehat dan Jarang Sakit

Naviri Magazine - Dokter spesialis penyakit dalam dari Universitas Indonesia, Iris Rengganis, mengatakan, diet bebas gluten punya sederet manfaat bagi tubuh. Selain membikin langsing, diet bebas gluten juga disebut membuat tubuh "enteng" karena makanan yang diasup meringankan kinerja saluran pencernaan.

"Diet ini bagus banget karena menyehatkan. Mereka yang menjalani diet gluten, pencernaannya jadi lebih enteng karena makanan yang dicerna cocok dengan enzim pencernaan," kata Iris.

Gluten adalah campuran protein yang terdapat dalam bahan tepung-tepungan, seperti gandum dan gandum hitam. Biasanya, gluten digunakan untuk membuat roti dan kue, karena berfungsi membuat adonan jadi lentur dan kenyal.

Selain itu, gluten juga terdapat dalam bir, whisky, vodka, pengental makanan, saus, mi, dan bahan pembuat daging tiruan untuk vegetarian.

Menurut Iris, kandungan gluten bisa merusak lapisan usus, dan mengganggu penyerapan makanan. Dengan menyingkirkan gluten dari daftar makanan yang diasup sehari-hari, seseorang bisa menjauhkan diri dari penyakit dan kemungkinan alergi. "Pertama pasti beda rasanya, tapi lama-lama bisa terbiasa," ujarnya.

Presenter televisi, Lucy Wiryono, pun mengaku lebih sehat setelah melakoni diet bebas gluten. Diet itu ia jajal setelah memangkas gluten dari deretan makanan yang dikonsumsi putri kecilnya yang didiagnosis autis. Seperti diketahui, sejumlah studi menyebut kandungan protein dalam gluten bisa memicu agresivitas anak dengan autisme.

Jika semula Lucy kerap mengalami sembelit, setelah menjalani diet bebas gluten, saluran pencernaannya terasa lebih enteng. Bahkan, katanya, ia juga jadi jarang sakit. "Walau awalnya sulit, setelah diet gluten-free pencernaanku jadi lebih nyaman," katanya.

Related

Health 7319656879767162003

Recent

item