Dua Ilmuwan Meraih Nobel Setelah Menemukan "Partikel Tuhan"

Dua Ilmuwan Meraih Nobel Setelah Menemukan "Partikel Tuhan"

Naviri Magazine - Boson Higgs alias "Partikel Tuhan" mengantarkan dua peneliti yang menggagasnya meraih Nobel Fisika. Peter Higgs dari Inggris dan Francois Englert adalah dua peneliti yang berbagi hadiah nobel tersebut.

Pada tahun 1960, mereka adalah dua orang peneliti yang mengajukan pandangan bagaimana materi di alam semesta bisa memiliki massa. Menurut dua peneliti tersebut, materi bisa memiliki massa karena adanya sebuah partikel yang memberikannya.

Boson Higgs akhirnya ditemukan pada Juli 2012 oleh tim ilmuwan dari Organisasi Riset Nuklir Eropa (CERN). Penemuan dikonfirmasi pada Maret 2013.

"Nobel Fisika adalah tentang sesuatu yang kecil, tetapi membuat perbedaan besar," kata Staffan Normark, sekretaris permanen dari Royal Swedish Academy of Sciences, seperti dikutip BBC.

Englert mengungkapkan bahwa ia "sangat gembira" bisa memenangkan penghargaan ini.

"Awalnya, saya kira saya tak mendapatkannya, karena saya tak menyaksikan pengumumannya," kata Englert kepada Komite Nobel usai konferensi pengumuman hadiah Nobel yang sempat tertunda satu jam.

Sementara Higgs, yang namanya diabadikan menjadi nama partikel, mengatakan bahwa dirinya juga sangat bangga bisa memenangkan Nobel Fisika.

"Saya juga berterima kasih kepada mereka yang berkontribusi pada penemuan partikel ini, dan kepada keluarga, teman, dan rekan kerja saya atas dukungannya," katanya.

Direktur CERN, Rolf Heuer, mengungkapkan bahwa dia bergetar mengetahui penghargaan Nobel jatuh ke sebuah peneliti fisika partikel.

"Penemuan Boson Higgs di CERN, yang memvalidasi mekanisme Brout-Englert-Higgs, menandai puncak upaya intelektual selama satu dekade dari berbagai kalangan di seluruh dunia," katanya.

Related

Science 1345622376073051468

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item