Edmund Hillary, Penakluk Gunung Everest Pertama di Dunia

Edmund Hillary, Penakluk Gunung Everest Pertama di Dunia

Naviri Magazine - Enam puluh lima tahun yang lalu, sebuah sejarah tergurat di dunia, tepatnya di Gunung Everest. Setelah banyak pendaki gunung mengalami kegagalan untuk sampai di puncak Everest, Edmund Hillary berhasil menaklukkan puncak tinggi tersebut.

Edmund Hillary berasal dari Selandia Baru. Ia menaklukkan puncak Everest bersama Tenzing Norgay dari Nepal. Mereka berhasil menjadi penakluk pertama puncak gunung tertinggi di dunia tersebut. Menurut stasiun berita A&E Television, kedua pendaki itu langsung menancapkan empat bendera di puncak gunung setinggi 29.028 kaki dari atas permukaan laut tersebut.

Sejak dekade 1920-an, para pendaki berkali-kali berupaya menaklukkan Everest. Namun, tidak ada yang sesukses Hillary dan Norgay. Mereka bergabung dalam suatu tim ekspedisi Inggris.

Stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa kedua penjelajah itu hanya bisa bertahan di puncak selama 15 menit, karena tidak mau berisiko kekurangan oksigen. Apalagi, malam sebelumnya, mereka sempat bermalam di ketinggian 27.900 kaki.

Kabar penaklukan Gunung Everest baru disiarkan ke penjuru dunia pada 2 Juni 1953, bertepatan dengan tanggal pelantikan ratu baru Inggris, Elizabeth II. Setahun kemudian, Ratu Elizabeth II memberi gelar bangsawan kepada Hillary.

Related

World's Fact 2137700581940531246

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item