Memahami Pakaian Hingga Etika Bermain di Lapangan Golf

 Memahami Pakaian Hingga Etika Bermain di Lapangan Golf

Naviri Magazine - Golf adalah olah raga yang identik dengan kalangan menangah atas. Pasalnya, olah raga ini kerap dimainkan oleh para eksekutif, bos-bos perusahaan, atau pun kalangan selebritas yang biasa berpenampilan mewah.

Karena termasuk olah raga eksklusif, golf pun memiliki etika tersendiri yang mungkin belum banyak diketahui orang kebanyakan. Karenanya, bagi pemula yang belum pernah bermain di lapangan golf, ada baiknya untuk memahami etika terkait permainan ini secara lebih baik.

Kemampuan mengayunkan stik golf ternyata perlu diimbangi dengan penampilan yang rapih. Maklum saja, ada aturan tidak tertulis untuk menaati "dress code" di lapangan golf.

Menurut instruktur golf di Bintan Lagoon Golf Club, Kepulauan Riau, Yudiono, ketika bermain golf sebaiknya kita memakai baju berkerah atau polo shirt.

"Ini olahraga yang elegan, biasanya yang main dari kalangan menengah ke atas, jadi harus lebih rapih," kata Yudiono.

Ia menambahkan, untuk bermain golf, kita bisa mengenakan celana pendek atau celana panjang, yang bahannya menyerap keringat, atau celana yang biasa dikenakan untuk olahraga.

"Celana boleh pendek boleh panjang, yang penting baju berkerah," terangnya.

Sepatu pun pilih yang memang khusus untuk bermain golf. Pilihlah yang berkualitas baik, karena berpengaruh ke kenyamanan pada saat berada di arena lapangan golf.

Setelah mengetahui cara berpakaian, penting juga untuk mengetahui etika di lapangan golf. Para pemain golf menginginkan suasana lapangan yang tenang, dan tidak terlalu banyak gangguan. Jika Anda merasa belum mahir, lebih baik mempersilakan terlebih dahulu pemain yang sudah mahir untuk memukul bola.

"Para profesional lebih memperhitungkan safety, keakuratan, dan ketenangan. Kalau pemula ikut main, sebaiknya memukul bola setelah para profesional selesai melakukan pukulan," ucap Yudiono.

Jika Anda memaksa untuk terlebih dulu melakukan pukulan ke hole, yang terjadi antrean para pemain akan semakin banyak menunggu. Karena permainan golf terdiri dari rangkaian yang telah dirancang sedemikian rupa.

"Kalau profesional, untuk menyelesaikan satu hole bisa 5 sampai 6 menit. Tapi kalau pemula bisa 15 menit lebih, itu yang membuat rangkaian terhambat," ujarnya.

Untuk melatih skill permainan, kita bisa berlatih memukul bola di driving range. Jika teknik memukul sudah mumpuni, barulah ke green area. Tak hanya untuk pemula, menurut Yudiono, banyak pemain profesional yang setelah jarang bermain golf akan mencoba kelincahan mengayunkan stik golf di driving range.

Related

Tips 8540328617009880106

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item