Film-film Biografi yang Aktor Pemerannya Sangat Mirip (Bagian 1)

Film-film Biografi yang Aktor Pemerannya Sangat Mirip

Naviri Magazine - Hollywood telah memproduksi banyak film yang diangkat dari kisah nyata. Biografi, peristiwa, sejarah, dll, jadi salah satu genre menarik dalam film-film yang lahir dari studio-studio di Los Angeles. Penggemar film-film "true story" pun tak sedikit. Schindler's List, Into the Wild, Downfall, Gandhi, Lincoln, The Pianist, Houdini, Unbroken, dan masih banyak lagi, merupakan sedikit dari film-film true story besutan Hollywood yang sukses.

Kesuksesan film-film true story tak hanya terletak pada menariknya kisah yang terjadi, tapi juga bagaimana si sutradara mengemas kejadian nyata menjadi menarik jika dijadikan film. Aktor-aktris pemeran tokoh juga sangat penting. Kemiripan, watak, gerak-gerik, dibuat semirip mungkin dengan tokoh pada kisah yang sebenarnya terjadi.

Berikut ini adalah film-film biografi yang mampu menggambarkan kisah dan tokoh utamanya semirip mungkin tokoh aslinya.

Ben Kingsley dalam film Gandhi (1982)

Gandhi (1982) adalah salah satu film biografi terbaik, juga film terbaik Ben Kingsley. Film ini menceritakan perjalanan hidup Mohandas Karamchand Gandhi (Mahatma Gandhi), seorang aktivis, revolusioner, politikus, dan tokoh India.

Ben Kingsley, salah satu aktor watak terbaik, memerankan Gandhi dengan sangat apik. Tak heran, di film ini Ben Kingsley mendapat penghargaan Best Actor di Oscar Award tahun 1983. Selain itu, film Gandhi juga mendapat 7 penghargaan Oscar lain di tahun yang sama (1983), serta puluhan penghargaan lainnya.

Daniel Day-Lewis dalam film Lincoln (2012)

Film yang menceritakan Abraham Lincoln tidak sedikit. Sosok Presiden Amerika ke-16 ini menjadi inspirasi bagi banyak orang, juga para sutradara Hollywood. Salah satu yang terbaik adalah film Lincoln (2012) yang disutradarai oleh Steven Spielberg, sutradara kaliber yang menciptakan Jurrassic Park.

Spielberg tidak salah menunjuk Daniel Day-Lewis sebagai pemeran Abraham Lincoln pada film ini. Pasalnya, film Lincoln versi ini memenangkan ratusan awards dari berbagai ajang, termasuk Best Performance by an Actor in a Leading Role oleh Daniel Day-Lewis.

Michelle Williams dalam film My Week with Marilyn (2011)

Berbeda dengan Gandhi dan Lincoln, film My Week with Marilyn (2011) bukan film biografi yang bercerita tentang selebritis glamor di zamannya itu. Film ini berkisah mengenai pemuda bernama Collin Clark (Eddie Redmayne), yang merupakan penggemar film.

Secara keseluruhan, film ini bercerita mengenai keseruan Collin yang dapat bertemu dengan Marilyn Monroe, idola siapa pun ketika itu. Terlepas dari bukan film biografi, Michelle Williams memerankan sosok Marilyn dengan sangat baik. Berbagai pujian dan penghargaan diraihnya dari film ini.

Benicio Del Toro dalam film Che (2008)

Film Che (2008) yang diperankan oleh Benicio Del Toro, dan merupakan salah satu film tentang Che Guevara yang paling baik, selain The Motorcylce Diaries.

Aktor senior yang pernah bermain di film Usual Suspect dan Fear and Loathing in Las Vegas ini berhasil membawa penonton menyelami karakter Che Guevara dengan sosoknya yang tegas, keras, dan pemberani.

Aaron Taylor-Johnson dalam film Nowhere Boy (2009)

John Lennon adalah salah satu musisi terbaik dunia, legenda pencetus band legendaris sepanjang masa. Siapa yang tidak mengenal John Lennon? Tapi, apakah semua tahu seperti apa kehidupan John sebelum menjadi musisi legendaris? Sebelum menjadi anggota The Beatles? Saat John masih murid sekolah yang hobi bikin onar?

Aaron Taylor-Johnson memerankan itu, sosok John Lennon muda. Dengan logat scouser serta perawakan yang sangat mirip dengan John Lennon, Aaron Taylor-Johnson berhasil memikat perhatian siapa pun yang menonton Nowhere Boy (2009).

Adrien Brody dalam film Houdini (2014)

Harry Houdini adalah seorang escapologist yang sangat terkenal di era 1920-an. Memulai karirnya sebagai pesulap jalanan, yang membawanya sebagai pesulap terbesar abad 20. Sayangnya, ia harus meninggal pada usia 52 akibat sebuah kecelakaan.

Film Houdini (2014) merupakan serial televisi dengan dua part yang dibuat untuk mengenang kehebatan dan masa-masa keemasan Houdini. Adrien Brody, yang selalu sukses dengan peran-peran sebelumnya, berhasil membuktikan bahwa dirinya memang aktor segala-bisa pada film ini.

Eddie Redmayne & Felicity Jones dalam film The Theory of Everything (2014)

Satu-satunya Oscar Award pada film ini dibawa pulang oleh Eddie Redmayne. Jangan heran, karena di film The Theory of Everything (2014) Eddie memerankan Stephen Hawking dengan sangat brilian!

Sangat tidak mudah memerankan sosok Hawking yang mengalami kelumpuhan hampir total, sekaligus sosok yang sangat jenius. Kemiripan kedua orang ini bisa dikatakan hampir mendekati identik. Sangat wajar jika piala yang sangat bergengsi tersebut diraih olehnya.

Gary Oldman dalam film Sid & Nancy (1986)

Aktor spesialis karakter di Hollywood memang tidak banyak. Tingkat kesulitan menjadi karakter yang berbeda-beda membutuhkan bakat khusus untuk menjalaninya. Salah satu yang berhasil adalah Gary Oldman. Tokoh-tokoh yang diperankannya beragam, baik penampilan, maupun sifat dan karakter. Sebut saja Sirius Black dalam Harry Potter, atau Gordon dalam The Dark Knight, berhasil diperankan dengan sangat baik oleh Oldman.

Salah satu yang terbaik adalah ketika dirinya memerankan tokoh Sid Vicious, seorang bassist dari band punk legendaris asal Inggris, Sex Pistols.

Film Sid & Nancy (1986) bercerita mengenai kehidupan Sid Vicious dan pacarnya, Nancy Spungen (Chloe Webb). Kehidupan anak punk, obat-obatan, seks bebas, hingga tragedi kematian yang tragis, semua dikemas satu paket di dalam film ini.

Cate Blanchett dalam film I'm Not There (2007)

Ada sekira lima atau enam karakter musisi yang diceritakan dalam film ini, dan semuanya memiliki kisah berbeda. Salah satu tokoh yang paling menonjol di film ini adalah tokoh Bob Dylan. Seorang musisi folk legendaris yang kerap menyerukan kritik sosial dalam lagunya.

Cate Blanchett memerankan tokoh Dylan dengan sangat baik. Segala gerak-gerik hingga cara bicara Dylan yang khas, ditirunya dengan sempurna. Dan yang paling hebat, Cate Blanchett adalah seorang perempuan! Tidak heran, berkat peran ini, Cate diganjar penghargaan aktris terbaik pada Oscar Awards tahun 2008.

I'm Not There (2007) juga diperankan banyak nama berbakat, seperti Christian Bale, Richard Gere, dan almarhum Heath Ledger.

Johnny Depp dalam film Public Enemies (2009)

Peran-peran Depp yang sering dikritik karena terlalu banyak menggunakan make-up, dipatahkan olehnya dalam film Public Enemies (2009). Johnny Depp kali ini memerankan karakter John Dillinger, seorang gengster terkenal di Amerika pada tahun 1930-an.

Depp memainkan karakter antagonis dengan sangat sempurna; kejam, dingin, licik, tetapi murah senyum. Sengaja tampil tanpa make-up, Depp berhasil membungkam para kritikus karena aktingnya kali ini sangat patut diacungi jempol.

Baca juga: Film-film Biografi yang Aktor Pemerannya Sangat Mirip (Bagian 2)

Related

Film 5341415695950230272

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item