Di AS dan di Inggris, Google Glass Dilarang Masuk Bioskop

Di AS dan di Inggris, Google Glass Dilarang Masuk Bioskop

Naviri Magazine - Sejak dipasarkan di Inggris, perangkat Google Glass sudah menemui tentangan dari para pengelola bioskop negeri tersebut.

Asosiasi bioskop Inggris, Cinema Exhibitor’s Association, meminta pengunjung bioskop yang mengenakan Google Glass agar melepaskan perangkat tersebut sebelum memasuki ruang teater.

“Pengunjung akan diminta tidak memakai kacamata pintar ini di dalam auditorium bioskop, baik saat film sedang diputar ataupun tidak,” kata chief executive Cinema Exhibitor’s Association, Phil Clapp, yang dikutip oleh The Independent.

Keputusan itu didasarkan pada kekhawatiran bahwa Google Glass bisa dipakai untuk merekam video secara diam-diam.

Sebenarnya, Glass hanya bisa terus-menerus mengambil gambar selama 45 menit. Namun, sebuah komplotan pembajak film yang beranggotakan lebih dari satu orang bisa menyatukan potongan-potongan gambar untuk menjadi sebuah video utuh.

Perekaman di dalam bioskop disebut merupakan sumber terbesar film bajakan, dengan angka mencapai 90 persen.

Menanggapi hal ini, Google menganjurkan pengelola bioskop untuk memperlakukan Glass seperti halnya smartphone, yakni dengan meminta pengunjung untuk mematikannya sebelum film dimulai.

“Kami pikir sebaiknya mencoba sendiri dulu perangkat Google Glass sebelum membuat kebijakan yang berkenaan dengannya,” ujar seorang juru bicara Google.

Di samping bioskop, pengelola rumah sakit, gymnasium, dan departemen transportasi Inggris juga mengevaluasi penggunaan Google Glass untuk alasan privasi dan keamanan.

Sebelumnya, di AS, Google Glass juga sudah dilarang untuk dikenakan dalam auditorium bioskop. Pemakainya harus melepaskan perangkat itu saat lampu dipadamkan dan film mulai diputar.

Related

World's Fact 7446250986049072776

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item