Ini Penjelasan Dokter Mengenai Kanker Kelenjar Getah Bening

Ini Penjelasan Dokter Mengenai Kanker Kelenjar Getah Bening

Naviri Magazine - Mantan Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Dr Kartono Mohamad, mengatakan kanker getah bening termasuk penyakit yang sulit disembuhkan, terlebih jika telah mencapai stadium empat.

"Kanker getah bening ada kemungkinan disembuhkan, tapi kalau sudah sampai pada stadium empat itu mustahil, hanya bisa menunggu keajaiban saja," kata Kartono.

Pengidap kanker stadium empat hanya bisa bertahan dengan perawatan paliatif, lanjut Kartono. Perawatan paliatif merupakan perawatan yang berkonsentrasi pada pengurangan keparahan gejala penyakit, bukan berusaha untuk menghentikan penyakit.

Tujuan dari penyembuhan paliatif adalah untuk mencegah dan mengurangi penderitaan, dan meningkatkan kualitas hidup orang yang menghadapi penyakit yang kompleks. "Paliatif itu penopang hidup, ini bertujuan untuk mempertahankan agar hidup lebih lama," lanjut Kartono.

Lebih rinci, Kartono menjelaskan, banyak penderita kanker yang bisa sembuh dengan perawatan paliatif. Ada istilah five year absolute survival, pasien akan diawasi selama lima tahun setelah didiagnosa.

"Banyak pasien bisa sembuh setelah lima tahun perawatan, tapi kebanyakan mereka mengidap kanker yang belum stadium empat," kata Kartono.

Related

Health 8227064778569226932

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item