Ini Tips Mengembangkan Bisnis Online agar Terus Berkembang

Ini Tips Mengembangkan Bisnis Online agar Terus Berkembang

Naviri Magazine - Bagi sebagian orang, khususnya yang mampu memaksimalkan manfaat penggunaan internet, berbisnis online bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Kuncinya tentu kesabaran sekaligus strategi dalam mengembangkan bisnis.

Sebagai salah satu pengusaha jasa pengiriman barang, tempo hari Lion Parcel menggelar acara tatap muka dengan para seller alias customer-nya. Acara ini juga menjadi ajang transfer ilmu dari para top seller ke seller lainnya.

"Semoga dengan adanya agenda ini, dengan adanya kolaborasi dengan top seller community, bisa menjadi ajang networking dengan sesama seller maupun Lion Parcel dengan seller-nya," ujar Manager Customer Care Lion Parcel, Marysa Djafar, saat membuka acara Top Seller Community Gathering di Lion Air Tower, Jakarta.

Dalam acara ini, salah satu top seller yang tergabung dalam Lion Parcel, Yehezkiel Zebua, menyampaikan beberapa poin penting yang dapat dilakukan para seller untuk meningkatkan penjualan.

Pertama, dia menyarankan agar para seller tidak hanya fokus pada satu platform penjualan seperti e-commerce. Dia mendorong agar para seller juga mulai menjajakan dagangan di media sosial, seperti Facebook dan Instagram. Dia menyebut, berdasarkan data HotSuit Januari 2019, persentase pengguna e-commerce hanya sebesar 40 persen, sehingga menggunakan media sosial dapat lebih memaksimalkan penjualan.

“Karena persentase customer itu beli di e-commerce hanya 40 persen. Jadi orang yang pakai internet 60 persennya tidak belanja di e-commerce,” jelas Yehezkiel.

Kedua, Yehezkiel memberi masukan agar para seller giat mempertahankan pelanggan lama, bukan hanya fokus untuk terus menggaet pelanggan baru. Menurutnya, mempertahankan pelanggan lama dapat mendatangkan keuntungan yang besar.

"Jangan hanya fokus nungguin pelanggan, nungguin centang-centang (notifikasi), tetapi maintain pelanggan lama. Ya penting banget maintain pelanggan lama," lanjut dia.

Ketiga, seller harus giat mengembangkan bisnis. Pengembangan ini dapat dilakukan dengan beberapa cara. Para seller dapat mengembangkan bisnisnya dengan membuat inovasi terhadap produknya. Kemudian, seller juga dapat berinvestasi dari keuntungan yang diperoleh.

"Ketiga adalah kembangin bisnis Anda. Bisa dengan bikin produk yang sama, tapi market-nya beda. Atau bisa juga dengan investasi, atau yang ketiga; Anda juga bisa mengembangkan produk lain, tapi ada hubungannya dengan sebelumnya," tutupnya.

Related

Tips 2445069935725695343

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item