Ivy League, Kampus Swasta Termahal dan Prestisius di Amerika

Ivy League, Kampus Swasta Termahal dan Prestisius di Amerika

Naviri Magazine - Ivy League adalah julukan bagi delapan kampus swasta mahal dan prestisius di AS, yakni University of Pennsylvania, Columbia University, Yale University, Princeton University, Brown University, Dartmouth University, Cornell University, dan Harvard University.

Mengutip informasi dari lembaga persiapan pendidikan Peterson’s, VOA Indonesia menyebut prosentase penerimaan mahasiswa master di Harvard adalah 54% dengan jumlah mahasiswa non kulit putih tidak lebih dari 24%. Sampai sekarang, kampus-kampus Ivy League masih punya predikat sebagai lembaga edukasi paling diminati dan sulit ditembus.

Pada 2018, Harvard University baru memecahkan rekor lamaran terbanyak yakni 42.000-an. Namun, pihak kampus tidak pernah menambah kuota penerimaan mahasiswa baru secara signifikan. Prosentase penerimaan tetap ada di bawah 50%.

Akhir tahun lalu, The Atlantic melaporkan kebijakan tersebut diterapkan hampir di seluruh kampus Ivy League, terutama yang menduduki peringkat lima besar.

Yale misalnya. Tahun lalu, pihak universitas mengirim surat penolakan kepada 3.500-an pelamar, karena kampus hanya bisa menerima 1.500-an mahasiswa—jumlah yang sama dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Bagi kampus, menambah kuota berarti mengikis citra eksklusif.

Sebenarnya tidak ada hal yang bisa menjamin kualitas mahasiswa kampus Ivy League lebih tinggi dari kampus lain. Dalam “Our Dangerous Obsession with Harvard, Stanford, and Other Elite University” (2016), kolumnis pendidikan Washington Post, Jeffrey Selingo, menuturkan bagaimana perusahaan-perusahaan di AS menerapkan sistem people analytics untuk rekrutmen. Hasilnya, individu yang diterima dalam berbagai perusahaan tidak berasal dari kampus elite.

Konsultan karier, Garrett Mintz, punya pendapat serupa, dan menuliskannya dalam kolom Huffington Post. Mintz tertarik dengan temuan yang menyebut kemampuan analisis yang dimiliki mahasiswa Ivy League tidak terlalu istimewa bila dibandingkan dengan mahasiswa lulusan kampus lainnya.

Mereka juga berada dalam level standar dalam hal kerja tim, adaptasi, kemampuan komunikasi, kemampuan menyelesaikan masalah, pengambilan keputusan, sifat kepemimpinan, motivasi, dan berpikir strategis.

Related

Education 5570906434449045542

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item