Misteri Penemuan Jamur Aneh Berbentuk Manusia di Inggris

Misteri Penemuan Jamur Aneh Berbentuk Manusia di Inggris

Naviri Magazine - Kalau mendengar kata “jamur”, apa yang terlintas dalam benak kita? Kebanyakan kita pasti akan membayangkan jamur yang umumnya berbentuk seperti payung. Namun, ada penemuan aneh di Inggris. Berbeda dengan umumnya jamur yang berbentuk payung, jamur aneh itu berbentuk seperti manusia. Spesies jamur ini terlihat mirip manusia, memiliki tubuh, tangan, juga kepala.

Alih-alih ditemukan di sebuah hutan yang jauh dari permukiman manusia, jamur ini justru ditemukan di sebuah tepi jalan di kawasan Norfolk, Inggris.

Jonathan Revett adalah sosok yang pertama kali menemukan jamur aneh tersebut. Kolektor jamur ini tak sengaja menemukannya di pinggir jalanan Norfolk pada 2000 silam.

Awalnya, Revett menduga jamur itu merupakan jenis Earsthstar, spesies yang paling mirip dengan jamur yang ia temukan. Namun, demi menjawab keraguannya, dia memutuskan untuk mengirimkan jamur itu ke JC Zamora, peneliti asal Spanyol.

Butuh bertahun-tahun untuk meneliti jamur tersebut, dan akhirnya terungkap bahwa jamur mirip manusia itu merupakan jenis baru, yang kemudian diberi nama Geastrum Britannicum. G Britannicumn merupakan jamur yang tidak dapat dikonsumsi karena mengandung racun.

Dalam jurnal Persoonia, Zamora juga mempublikasikan enam jamur jenis baru lainnya, namun bentuk G Britannicum merupakan yang teraneh di antara jamur-jamur lainnya.

Sementara itu, dalam jurnal Field Mycology, Brian Spooner melaporkan bahwa jamur G Britannicum telah banyak ditemukan, dan dapat dijumpai di 15 lokasi di seluruh Inggris bagian selatan.

Dalam foto yang ditunjukkan oleh Revett, G Britannicum nyatanya tidak selalu terlihat seperti manusia. Tak jarang, jamur itu juga lebih mirip dengan sesuatu yang ada dalam film Star Wars.

Adapun jamur lain yang juga mirip dengan manusia adalah G fornicatum, atau dikenal sebagai fungus anthropomorphus.

Related

World's Fact 1965884061054272477
item