3 Jenis Probiotik Paling Bagus untuk Pencernaan yang Harus Diketahui

3 Jenis Probiotik Paling Bagus untuk Pencernaan yang Harus Diketahui

Sering kali mungkin pada produk makanan yang Anda konsumsi dilabeli dengan kandungan probiotik di dalamnya. Lalu sebenarnya apakah probiotik itu? Sebenarnya probiotik termasuk dalam jenis bakteri. Namun jangan khawatir, karena bakteri ini berbeda dengan bakteri pada umumnya yang bersifat parasit atau patogen, maka probiotik ini justru memiliki peran yang sangat baik di dalam menjaga kesehatan tubuh. Diantaranya seperti probiotik untuk kesehatan saluran cerna.

Sehingga tidak heran jika seandainya beberapa produk makanan, seperti yang paling sering adalah susu dan juga yogurt selalu ditambah dengan kandungan probiotik di dalamnya, karena memang berperan penting di dalam pencernaan. Hanya saja juga tetap harus diketahui bahwa konsumsinya juga tidak boleh berlebihan jika tidak ingin menyebabkan masalah pada kesehatan saluran cerna juga. Probiotik ini sebenarnya sudah ada di dalam tubuh manusia, hanya saja jumlahnya sedikit, sehingga untuk meningkatkannya tak jarang yang mengkonsumsi suplemen ataupun produk makanan dari luar.

Setidaknya ada 3 jenis probiotik yang ada dan baik untuk tubuh, yaitu:
  • Lactobacillus Leuteri, merupakan jenis bakteri yang sangat bermanfaat bagi tubuh, diantaranya dapat mencegah terjadinya penyakit diare dan juga kolik yang sering kali dialami oleh anak-anak dan juga bayi. Bakteri ini juga dapat meningkatkan antibodi dalam tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit, khususnya yang berhubungan dengan pencernaan.
  • Lactobacillus Rhamnosus, bakteri ini juga banyak dimanfaatkan sebagai probiotik yang dijual di pasaran, perannya begitu banyak, diantaranya adalah berguna mencegah terjadinya eksim, kemudian infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan hingga infeksi yang terjadi pasa saluran pencernaan.
  • Bifidobacterium Lactis, sedangkan untuk bakteri yang satu ini perannya juga sangat besar di dalam menjaga saluran cerna, membantu dalam meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan sistem imuns atau kekebalan tubuh, khususnya pada anak-anak.

Sebaiknya konsumsi probiotik untuk kesehatan saluran cerna ini agar pencernaan tidak bermasalah, apalagi pada anak-anak yang masih rendah daya tahan tubuhnya, diimbangi dengan kebiasaan jajan yang sembarangan.

Related

Health 6020186901737336625

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item