Mengenal Joe Girard, Sales Mobil Paling Sukses Sepanjang Masa

Mengenal Joe Girard, Sales Mobil Paling Sukses Sepanjang Masa

Naviri Magazine - Pekerjaan apa pun, jika dilakukan dengan sepenuh dedikasi, memungkinkan pelakunya untuk sukses dan mendapatkan limpahan finansial yang memungkinkannya hidup layak. Termasuk pekerjaan sebagai sales, khususnya sales mobil.

Seperti yang dilakukan mendiang Joe Girard, seorang wiraniaga mobil merek Chevrolet di Michigan, Amerika Serikat, yang dikenal sebagai sales yang berhasil menjual mobil terbanyak versi Guinness World Record.

Bila mengutip Crains Detroit, Girard adalah orang yang berdedikasi tinggi pada pekerjaannya. Bahkan jarang sekali berkomunikasi dengan rekan kerjanya untuk membicarakan hal lain di luar masalah kerjaan.

Sampai-sampai, demi menghargai tiap menitnya yang berharga, Girard selalu makan siang di mejanya, sehingga tidak ada waktu terbuang untuk tetap berjualan.

Girard punya pemikiran kalau pelanggan adalah prioritas utamanya. Cara memastikan para pelanggan nyaman dengannya, Girard tidak ragu berkorban mengeluarkan kocek berlebih untuk mentraktir calon pelanggannya minum wine atau makan malam.

Langkah lain yang dilakukan adalah cepat tanggap apabila pelanggannya butuh pertolongan soal teknis mobil.

Menariknya lagi, Girard juga rutin mengadakan pesta barbekyu tahunan di rumahnya, dan mengundang rekan kerja departemen layanan purna jual dilernya, guna memastikan lagi kalau pelanggannya diperlakukan dengan baik.

Rekor penjualan mobil tertinggi

Taktiknya itu berbuah manis. Berkali-kali Girard dinobatkan sebagai sales yang menjual mobil paling banyak, tepatnya sepanjang tahun 1963 hingga 1978.

Berdasarkan catatan Detroit Free Press, selama lima belas tahun berniaga, Girard mampu menjual setidaknya 13.001 mobil di Detroit, AS. Bila dirata-rata, Girard bisa menjual sekitar 866 mobil setahun atau 72 mobil selama sebulan.

Puncaknya, pada tahun 1973, Girard kembali menyabet gelar lain, karena berhasil menjual 1.425 unit mobil selama satu tahun, atau sekira 118 unit sebulan.

Hingga akhirnya pada tahun 2001, Joe Girard masuk dalam salah satu daftar Automotive Hall of Fame, penghargaan tingkat tinggi bagi individu yang berkontribusi tinggi pada sejarah otomotif dunia.

ria kelahiran 1 November 1928 yang punya nama lengkap Joseph Sam Girardi itu pun mengakhiri karirnya pada usia 49 tahun. Karena reputasinya yang gemilang, Girard menekuni profesi lain sebagai pembicara motivasi, dan aktif menulis buku seputar kunci kesuksesan.

Sejumlah buku yang ia tulis pun mengilhami tenaga penjual lain untuk mengikuti caranya. Sampai-sampai, pada pertengahan tahun 2017, ada wiraniaga bernama Ali Reda yang mengklaim telah mengalahkan rekor Girard.

Sales mobil Chevrolet itu berhasil menjual 1.582 unit mobil selama setahun. Tapi dewi fortuna masih berpihak pada Girard. Guinness World Record enggan mengamini klaim Reda, karena saat itu saham General Motors (GM) bermasalah, terlebih tidak ada pihak ketiga yang objektif dan mampu membuktikan angka penjualan Reda.

Dua tahun kemudian, pada 28 Februari 2019 di usia 91 tahun, Girard menghembuskan napas terakhirnya, karena kecelakaan di rumahnya. Nyawanya tak tertolong ketika terjatuh dari tangga basement rumahnya. Kepala belakangnya terbentur keras, yang menyebabkan trauma di kepala.

Related

Figures 8415198501288144479

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item