Ngeri, Kerusakan Hutan di Indonesia Terus Meningkat

Ngeri, Kerusakan Hutan di Indonesia Terus Meningkat

Naviri Magazine - Indonesia kini mengalahkan Brasil sebegai “juara bertahan” dalam deforestasi atau penebangan hutan tertinggi di dunia. Menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal Nature Climate Change, penebangan hutan di Tanah Air kini telah mengancam keanekaragaman hayati dan spesies langka dan pemanasan global.

Dikutip dari Mashable, pemerintah Indoensia menyatakan moratorium atau penanggulangan penebangan hutan telah dilakukan. Namun, peneliti dari University of Maryland, Matthew Hansen, mengatakan tindakan itu tidak terlalu berpengaruh. Sejak 2000 hingga 2012, hutan utama di Indonesia telah hilang sebanyak 6.020.000 hektare per tahun.

Selain itu, Hansen menuturkan, menghilangkan hutan dengan cara membakar juga berdampak pada peningkatkan suhu global. Sebab, karbon dan metana banyak tersimpan dalam hutan di Indonesia. Dengan membakar lahan gambut untuk membersihkan jalanan, akan melepaskan karbon dan metana ke atosfer dan mempengaruhi suhu bumi secara keseluruhan.

"Pemerintah harus mulai mengonversi penggunaan lahan. Meskipun Indonesia telah menerapkan moratorium, ini tidak memiliki efek yang diinginkan," tutur Hansen.

Sebagai contoh, Departemen Kehutanan melaporkan penurunan hutan telah mencapai 0,4 juta hektare per tahun pada 2009-2011. Namun, lewat penelitian, Hansen menemukan jumlahnya lebih besar daripada itu, sekitar 0,84 hektare per tahun pada 2012.

Selain menyimpan gas penyebab pemanasan global, hutan Indonesia merupakan lahan utama dalam keanekaragaman hayati. Hutan-hutan ini diperkirakan mengandung 10 persen tanaman, 12 persen mamalia, dan 17 persen spesies burung di seluruh dunia.

Dengan temuan data tersebut, Hansen berharap Indonesia akan lebih bertanggung jawab akibat penebangan hutan yang terus meningkat. Ia juga berharap agar data ini dapat digunakan pemerintah Indonesia untuk menentukan bagaimana mengurangi laju deforestasi yang efektif untuk tahun-tahun berikutnya.

Related

World's Fact 1362401577254745293

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item