Wow, Ini 10 Kincir Angin Terbaik dan Tercanggih di Dunia

Wow, Ini 10 Kincir Angin Terbaik dan Tercanggih di Dunia

Naviri Magazine - Listrik adalah hal penting dalam kehidupan manusia. Hampir semua hal dalam kehidupan ditopang listrik, atau berkaitan dengan listrik. Yang menjadi masalah, distribusi listrik belum merata ke semua wilayah, atau terjadi keterbatasan daya listrik sehingga tidak mampu menjangkau semua tempat.

Masalah itu kemudian dipecahkan oleh berbagai upaya menghasilkan listrik dari alam. Salah satunya menggunakan kincir angin, yang ditujukan untuk menghasilkan listrik dari tenaga angin.

AWEA (American Wind Energy Association) membuat laporan mengenai seluruh kincir angin yang ada di Amerika. Laporan itu menyebutkan bahwa 20% dari seluruh energi yang digunakan di seluruh negeri itu dihasilkan dari tenaga angin.

Selain mendapatkan data spesifik tentang pasokan listrik tenaga angin, mereka juga merilis 10 kincir angin terbaik berdesain canggih. Berikut ini ulasannya.

WhalePower

Perusahaan WhalePower sengaja mendesain kincir angin mereka seperti pisau. Hal ini dipercaya bisa menambah efisiensi listrik yang dihasilkan hingga 20%.

Quiet Revolution qr5

Kincir angin qr5 didesain untuk digunakan pada daerah perkotaan yang memiliki kecepatan angin rendah. Jika kincir angin konvensional berputar mengikuti arah angin, tidak demikian halnya dengan qr5. Ia mampu menangkap angin dari seluruh penjuru, dan hal itu membuatnya hemat tempat.

Windspire

Windspire adalah kincir angin vertikal yang hampir serupa dengan Quiet Revolution. Dengan tinggi 30 kaki, turbinnya menghasilkan 2.000 kilowatt per jam, dan mampu menghadapi terjangan angin sampai 105 mph.

Mageen Air Rotor Systems (MARS)

MARS adalah kincir angin yang diletakkan di tempat sangat tinggi. Berisi helium, benda ini mampu bertahan hingga ketinggian 1.000 kaki di udara. Angin yang ditangkap akan membuat MARS berotasi pada porosnya, dan akan menghasilkan energi yang langsung ditransfer pada kabel ke darat.

Sampai saat ini, MARS masih merupakan prototipe, dan masih dalam tahap pengetesan. Tempat yang disarankan untuk MARS adalah kawasan lepas pantai, pulau di tengah laut, dan pertambangan.

Windbelt

Windbelt didesain oleh peraih penghargaan PM Breakthrough, Shawn Frayne. Meski berukuran kecil, kincir angin ini mampu menghasilkan 40 milliwatts pada kecepatan angin 10 mph. Biaya produksinya yang murah juga diharapkan bisa membantu masyarakat yang kurang mampu, untuk mendapatkan pasokan listrik yang baik.

Honywell Wind Turbine

Honywell adalah kincir angin yang diletakkan di atap rumah, dan mampu bekerja bahkan pada kecepatan angin sebesar 2 mph. Tanpa gear seperti layaknya kincir angin konvensional, Honywell bekerja dengan magnet pada sirip-siripnya.

WePOWER

WePOWER adalah kincir angin vertikal yang mampu bekerja dengan baik pada kecepatan angin rendah. Pembuatnya mengklaim WePOWER sangat efektif bila diletakkan di lahan pertanian, perumahan, dan gedung-gedung.

Spiral Drag Wind Turbine

Meskipun masih dalam tahap penelitian, namun permukaan turbin yang dibuat dari bahan aluminium ini mampu menangkap angin dengan efektif.

Architectural Wind

Architectural Wind adalah kincir angin berukuran kecil, yang bisa ditaruh di atas atap atau ujung gedung. Dengan asumsi angin yang sudah menabrak atap gedung mengakibatkan aliran udara lebih cepat, maka kincir ini mampu memanfaatkan pisau-pisaunya untuk menangkap aliran tersebut.

Sky Serpent

Sky Serpent menggunakan beberapa rotor yang diletakkan pada sebuah generator, namun setiap rotor didesain dengan jarak dan sudut tertentu supaya masing-masing mendapatkan ‘angin segar’. Sky Serpent dibuat dan diuji di California, dalam rangka membiayai Komisi Energi California.

Related

World's Fact 4096314937808024746
item