Kisah Pertama Kalinya Tank Digunakan Dalam Perang

Kisah Pertama Kalinya Tank Digunakan Dalam Perang

Naviri Magazine - Kondisi pertempuran Perang Dunia I di medan yang berat dan penuh ranjau jebakan membuat Angkatan Darat Inggris berpikir untuk mengembangkan kendaraan yang bisa menyeberangi parit, menghancurkan kawat berduri, dan tidak mempan ditembak senapan mesin.

Dari situlah kemudian muncul ide pembuatan kendaraan tank. Prototipe tank pertama kali diuji oleh militer Inggris pada 6 September 1915.

Satu tahun kemudian, pada 15 September 1916, untuk pertama kalinya tank dipakai dalam perang ketika Kapten H. W. Mortimore membawa tank Mark I dalam Pertempuran Somme.

Kemudian, Prancis mengembangkan tank Schneider CA1 yang dibuat dari traktor Holt Caterpillar, dan pertama kali digunakan pada 16 April 1917. Penggunaan tank secara besar-besaran dalam perang terjadi pada Pertempuran Cambrai pada 21 November 1917.

Perubahan-perubahan yang terjadi di medan perang akhirnya membuat Sekutu terus mengembangkan konsep kendaraan ini. Tank terus berkembang pada Perang Dunia I, dan salah satu yang dianggap revolusioner adalah tank Mark V, yang dibuat sangat panjang, sehingga bisa melewati parit yang lebar sekalipun.

Istilah tank (tangki) digunakan pada waktu pembuatan tank-tank pertama di pabrik-pabrik di Inggris. Pada waktu itu, proyek pembuatan tank yang ditujukan untuk berperang dirahasiakan. Jadi para pekerja pembuatnya hanya diberitahu bahwa mereka sedang membuat sebuah kendaraan pengangkut air beroda rantai.

Akhirnya, istilah “tank” tetap digunakan setelah kendaraan itu benar-benar diterjunkan untuk berperang.

Related

World's Fact 6820355873053575463

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item