Kronologi Perpindahan Tesseract dalam Marvel Cinematic Universe

Kronologi Perpindahan Tesseract dalam Marvel Cinematic Universe

Naviri Magazine - Ada banyak benda magis dalam Marvel Cinematic Universe, dan Tesseract adalah salah satunya. Benda itu bisa dibilang muncul dari waktu ke waktu seiring film-film Marvel yang rilis ke bioskop. Belakangan, Tesseract juga muncul dalam film terbaru Marvel, yakni Captain Marvel.

Kemunculan Tesseract pada film Captain Marvel mungkin tidak membuat fans Marvel Cinematic Universe bingung, karena dapat menghubung-hubungkan perpindahan Space Stone tersebut antara satu film dengan film lainnya.

Namun, hal ini mungkin tidak berlaku pada penonton casual. Mereka mungkin masih kebingungan, seperti bagaimana mungkin Tesseract bisa ada di bumi, Nick Fury bingung melihat Tesseract, atau kenapa Tesseract ada dua?

Sepertinya, mereka lupa bahwa Captain Marvel memiliki latar waktu tahun 90-an, bahkan jauh sebelum latar waktu film Iron Man (2008). Mereka dapat mengetahui perjalanan Tesseract dari film Captain America: The First Avengers hingga jatuh ke tangan Thanos di Inifinity War.

Berikut ini penjabaran kronologis secara runtut dari awal hingga akhir.

T√łnsberg, Norwegia

Sesuai dengan legenda mitologi Norse, Tesseract pada awalnya disimpan Odin pada penyimpanan harta di Asgard. Kemudian, Tesseract dipindahkan dari Asgard ke Midgard (bumi).

Masih belum jelas kenapa Tesseract ditinggalkan di bumi, padahal bumi sudah menjadi rumah untuk Time Stone. Apapun alasannya, yang pasti Tesseract aman tersimpan, hingga Perang Dunia II terjadi.

Hydra

Pada 1942, Red Skull datang ke sebuah gereja kuno bawah tanah di Norwegia, pada pembukaan Captain America: The First Avengers, untuk mengambil Tesseract. Lalu, Red Skull menugaskan Arnim Zola untuk membuat senjata dari Tesseract.

Pada 1945, ketika ia harus bersinggungan dengan Captain America, rencananya gagal saat mencoba mengaktifkan kekuatan Tesseract. Tesseract malah membuka portal ke Vormir, dan Red Skull tanpa sengaja terlempar ke sana untuk menjaga Soul Stone. Sementara itu, Tesseract jatuh ke dalam lautan bersama Captain America.

Howard Stark

Pada ending film Captain America: The First Avengers, Howard Stark mencoba mencari Steve Rogers untuk menyelamatkannya. Namun, ia malah menemukan Tesseract, dan mengambilnya untuk dijadikan penelitian selama bertahun-tahun, dan formula tersebut digunakan Tony Stark untuk menyempurnakan arc reactor serta menjaga jantungnya di Palladium.

Proyek P.E.G.A.S.U.S

Pada tahun 80-an, Tesseract berakhir digunakan pada project P.E.G.A.S.U.S dan diteliti oleh Dr. Wendy Lawson yang identitas aslinya bernama Mar-Vell, seorang ilmuwan Kree. Tidak heran, Tesseract berada di proyek tersebut jika melihat Howard Stark membangun S.H.I.E.L.D dan memberikan akses ke dalam pemerintahan.

Mar-Vell menggunakan kemampuan Tesseract untuk mengembangkan mesin berkekuatan cahaya, untuk bisa mencarikan rumah baru bagi Skrulls. Setelah kejadian pada film Captain Marvel, Tesseract berakhir di bumi, dengan S.H.I.E.L.D dan Nick Fury sebagai direkturnya.

S.H.I.E.L.D

Tesseract berada di S.H.I.E.L.D hingga akhir film Thor (2011), di mana Dr. Selvig ditugaskan untuk mempercepat penelitian. Tesseract dimanfaatkan untuk pembuatan senjata melawan ancaman alien. Hal ini dipicu pada film Thor, ketika Destroyers menghancurkan New Mexico ketika ingin membunuh Thor.

Loki

Masuk ke dalam film The Avengers, di sini Loki mencuri Tesseract untuk digunakan membuka portal, supaya bangsa Chitauri bisa menguasai bumi. Rencana tersebut digagalkan para Avengers. Tidak hanya kehilangan Tesseract, Mind Stone yang berada pada tongkat milik Loki juga harus direlakan olehnya.

Asgard

Tesseract kembali lagi ke Asgard, setelah Thor membawa Loki untuk dipenjarakan di Asgard. Pada Thor: The Dark World, Reality Stone harus disingkirkan dari Asgard karena tidak bijak jika memiliki dua Infinity Stones pada satu tempat. Maka, Reality Stone dititipkan ke The Collector, sementara Tesseract tetap berada di Asgard, hingga Hela datang pada Thor Ragnarok.

Thanos

Sebelum Asgard dihancurkan oleh Surtur, Loki sempat mengambil Tesseract sebelum lari dari kehancuran. Hal inilah yang membuat Thanos menyerang Thor dan para Asgardian. Ia mengetahui kalau Tesseract berada di kapal Statesman. Loki terpaksa memberikan Tesseract kepada Thanos, dan dibunuh karena mencoba menipunya.

Di sinilah tempat terakhir Tesseract berada. Thanos kemudian menghancurkan Tesseract, dan mengambil Space Stone untuk dimasukan ke dalam Infinity Gauntlet. Space Stone terus berada di dalam Infinity Gauntlet hingga akhir film Infinity War.

Tentang bagaimana nasib keseluruhan Infinity Stones, akan kita ketahui pada film Avengers: Endgame yang tayang pada 26 April 2019.

Related

Film 5382911840984647522
item