Mantan Mata-mata Amerika Membocorkan Rahasia Negaranya

Mantan Mata-mata Amerika Membocorkan Rahasia Negaranya

Naviri Magazine - Pembocor rahasia National Security Agency (NSA), Edward Snowden, mengklaim dirinya dilatih untuk menjadi mata-mata oleh badan intelijen Amerika itu, termasuk Central Intelligence Agency (CIA).

Pernyataan ini dikeluarkan oleh Snowden saat muncul di stasiun TV Amerika, NBC News, untuk pertama kalinya setelah dicap sebagai "pengkhianat negara" oleh pemerintah Amerika.

"Saya dilatih sebagai mata-mata. Saya tinggal dan menyamar di luar negeri, kemudian berpura-pura untuk mencari pekerjaan dengan nama palsu," kata Snowden saat diwawancarai oleh pembawa acara NBC News, Brian William, seperti dilaporkan Mashable.

Snowden juga menjelaskan bahwa ia melakukan pekerjaan mata-mata dari "semua tingkat". Snowden mengaku pernah menjadi agen bawah tanah untuk NSA, CIA, dan Intelijen Pertahanan Amerika.

Namun, Snowden mengatakan bahwa ia tidak menganggap dirinya sebagai mata-mata. Ia juga menegaskan bahwa dirinya bekerja bukan untuk siapa-siapa.

"Saya tidak bekerja dengan orang lain. Saya juga tidak merekrut agen. Amerika lebih sering ‘merekrut’ komputer daripada orang," kata Snowden.

Sejumlah media berita internasional memang pernah menyebut bahwa Snowden adalah mata-mata untuk Rusia dan Cina. Pemerintah Amerika juga menyebut bahwa Snowden sebenarnya hanya peretas yang tidak mengerti apa-apa tentang dokumen rahasia.

"Mereka hanya mencoba menggunakan posisi dan karier saya untuk mengalihkan perhatian (tentang rahasia NSA)," kata Snowden.

Related

World's Fact 7341124363838902353

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item