Ini Penyebab Manusia Senang Mendapat Pujian dan Penghargaan

Ini Penyebab Manusia Senang Mendapat Pujian dan Penghargaan

Naviri Magazine - Sepertinya tidak ada orang yang tidak suka dipuji. Kenyataannya, kita semua memang senang dipuji dan tidak senang jika dicaci.

Satu kata yang baik bisa menghangatkan tiga bulan di musim dingin. Itu adalah potongan peribahasa China mengenai pujian. Dan memang, sebuah pujian yang tulus ternyata bisa terus berkesan untuk waktu yang lama.

Kenapa bisa begitu? Menurut Rachel Sussman, psikoterapis dari New York, pujian membantu orang merasa dihargai, suatu hal yang dibutuhkan oleh umat manusia.

"Orang-orang hanya ingin diakui dan dihargai atas kebaikan atau sesuatu yang mereka lakukan," ujarnya kepada Business Insider.

"Pujian membuat mereka merasakan hal baik atas orang yang memberikannya, dan juga pada diri mereka sendiri," tambah Sussman.

Ia menjelaskan bahwa pujian yang baik tidak melulu mengenai penampilan seseorang. Memuji seseorang atas karakter, prestasi, atau suatu usaha mereka melakukan sesuatu yang biasa saja, bisa sangat berkesan.

Sussman menambahkan, yang terpenting adalah memberi pujian dengan tulus.

Menurut hasil sebuah riset yang dipublikasikan di jurnal Nature pada 2014, pujian membuat bagian otak mengenai hadiah, yaitu ventral striatum dan ventral medial prefrontal cortex, jadi aktif.

Related

Psychology 3821164409537726002
item