Memahami Diversifikasi dan Keuntungan Berinvestasi Obligasi

 Memahami Diversifikasi dan Keuntungan Berinvestasi Obligasi

Naviri Magazine - Bagi yang sudah lama menjadi investor atau baru akan memulai berinvestasi, kita harus tahu bahwa diversifikasi investasi memiliki peran yang penting. Jadi, jangan letakkan uang yang kita punya pada satu jenis investasi saja. Mengapa?

Salah satu manfaat diversifikasi investasi adalah mengurangi risiko investasi itu sendiri. Jadi, jika salah satu instrumen investasi jatuh, instrumen lain bisa tetap aman dan menopang seluruh jenis investasi yang kita miliki agar nilainya tidak jatuh semua.

Terkait hal ini, Obligasi Negara Ritel (ORI) termasuk instrumen yang dikenal aman karena pemerintah yang menjamin. Sehingga, memiliki instrumen ini dalam portofolio akan bermanfaat menjaga nilai investasi yang kita miliki ketika instrumen lain jatuh.

Produk ini juga dapat diperdagangkan di pasar sekunder dengan mekanisme Bursa Efek atau Transaksi di Luar Bursa Efek. Mengutip Forbes, pakar investasi Warren Buffett berkata, "Diversifikasi adalah perlindungan dari ketidaktahuan kita. Diversifikasi juga akan membantu kita memahami apa yang sedang kita lakukan (dalam investasi)".

Pemerintah akan merilis seri terbaru ORI, yakni ORI015. Instrumen ini patut masuk radar kita. Sebab, instrumen ini akan membantu kita membangun portofolio investasi yang solid.

Pemerintah mengumumkan besar kupon dengan tingkat bunga tetap dan kapan jatuh tempo, dan informasi pembayaran yang umumnya tiap bulan. Untuk mendapat instrumen ini, tentu harus datang ke Mitra Distribusi (Midis) resmi.

Bawa KTP sebagai identitas Warga Negara Indonesia, kemudian isi beberapa formulir yang disediakan Midis. Selanjutnya, siapkan dana untuk transaksi. Salah satu Midis yang bisa kita datangi adalah PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Bank swasta ini memberi banyak keuntungan untuk yang baru atau ingin kembali berinvestasi di ORI. Fasilitas tersebut berupa bebas biaya pembukaan rekening efek, bebas biaya penyimpanan sampai jatuh tempo, bebas biaya transfer kupon per bulan, dan bebas biaya pengiriman surat konfirmasi untuk transaksi jual-beli.

Related

Money 8111798175833925361

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item