Memahami Perbedaan Sistem Ekonomi Terbuka dan Tertutup

Memahami Perbedaan Sistem Ekonomi Terbuka dan Tertutup

Naviri Magazine - Sebagian negara menganut sistem perkonomian terbuka atau liberal, sebagian yang lain menganut sistem ekonomi tertutup. Perbedaan antara perekonomian terbuka dan tertutup terletak pada kebijakan suatu negara dalam hal perdagangan internasional dan pasar keuangan.

Ekonomi terbuka memungkinkan perusahaan dan individu untuk berdagang di negara lain dan berpartisipasi dalam pasar modal asing. Sementara ekonomi tertutup mencegah bisnis dan individu dari berinteraksi dengan ekonomi asing, dalam upaya untuk tetap terisolasi dan mandiri.

Interaksi dengan negara-negara asing adalah dasar dari perdagangan internasional. Perdagangan antarnegara terjadi melalui ekspor, impor, dan lain-lain. Sekilas, kemampuan untuk melakukan perdagangan secara internasional mungkin tampak sebagai kemewahan daripada kebutuhan, tetapi kemampuan itu sangat penting bagi kesehatan ekonomi suatu negara.

Perdagangan internasional memperluas pasar untuk barang dan jasa, yang memungkinkan perusahaan bisa mempekerjakan lebih banyak orang untuk membuat jumlah barang yang melebihi permintaan di negara asal mereka.

Ekonomi tertutup mencegah impor dan ekspor. Sebagai gantinya, mereka hanya mengandalkan barang dan jasa yang diproduksi dalam negeri untuk memenuhi permintaan domestik. Selain itu, sistem ekonomi tertutup juga mencegah bisnis dan individu menggunakan uang negara untuk melakukan pembelian di luar perbatasannya.

Related

Business 7597237205252488101

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item