Ini Tips Penting Memilih Pembiayaan Kredit Mobil yang Tepat

Ini Tips Penting Memilih Pembiayaan Kredit Mobil yang Tepat

Naviri Magazine - Meski saat ini sudah ada cukup banyak mobil yang disebut “murah”, karena harganya bisa di bawah Rp 100 juta, namun masih banyak pula orang yang kesulitan membeli mobil secara cash. Karenanya, banyak orang yang lalu menggunakan sistem kredit saat ingin membeli mobil.

Meski begitu, ada hal yang perlu diperhatikan ketika memutuskan untuk beli mobil secara kredit. Pertama, tanyakan terlebih dulu pada diri sendiri, apakah mobil yang ingin dibeli itu memang kebutuhan, atau sekadar keinginan. Kedua, setelah mantap untuk membeli mobil secara kredit, kini waktunya untuk memutuskan dari mana pembiayaan kredit tersebut.

Pilih kredit dari bank

Saat ini, pembiayaan mobil bisa kamu dapat dari bank maupun lembaga pembiayaan. Bila kamu mengharap cicilan ringan, lebih baik ajukan ke bank. Bank unggul dalam hal suku bunga yang bersahabat, dibanding lembaga pembiayaan.

Terlebih, beberapa lembaga pembiayaan biasanya mendapat modal dari bank, atau malah merupakan anak usaha bank. Namun ketahui pula, proses pengajuan kredit di bank lebih lama dibanding lembaga pembiayaan, bisa mencapai satu atau dua minggu.

Kemudian, kamu harus menyiapkan slip gaji, surat keterangan kerja, kartu keluarga dan tanda penduduk, serta ada survei dan uang muka (DP). Bila ingin cicilan lebih murah lagi, bayar DP lebih besar, bila perlu di atas 30%.

Pilih tenor singkat

Makin panjang tenor pembiayaan, bunga pun makin mahal. Karenanya, beberapa bank tidak memberi kredit di atas lima tahun. Sementara itu, lembaga pembiayaan bisa memberi tenor hingga delapan tahun.

Karena mobil adalah salah satu barang konsumtif yang nilainya semakin turun, sebaiknya ambil kredit dengan jangka waktu pendek.

Sesuaikan kebutuhan, bukan keinginan

Prinsip ini penting untuk kamu pegang, sebelum membeli mobil. Tak jarang, staf pemasaran mobil memberi promosi berlebihan untuk menarik konsumen. Jadi, jangan sampai kamu membeli mobil karena tergoda rayuan. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas keuangan saja.

Related

Tips 6168969946110847622

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item