Mendengar Tangis Bayi, Gajah India Berhenti Mengamuk

Mendengar Tangis Bayi, Gajah India Berhenti Mengamuk

Naviri Magazine - Hasil penelitian Karen McComb dan Dr Graeme Shannon dari Universitas Sussex, Inggris, tentang kemampuan gajah mengenali manusia, benar-benar terbukti. Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences itu menyebutkan bahwa gajah dapat mengidentifikasi jenis kelamin dan usia seseorang berdasarkan suaranya.

Seekor gajah dewasa yang tengah menyerang rumah penduduk di Desa Olgara, Distrik Purulia, Bengal Barat, India, tiba-tiba berhenti mengamuk setelah mendengar tangis bayi dari dalam rumah tersebut. Memang, di kawasan itu kerap kali terjadi konflik antara manusia dan gajah. Bahkan, tak jarang menimbulkan pertumpahan darah.

Seperti dilaporkan Times of India, menurut aparat keamanan setempat, gajah dewasa tersebut kedapatan tengah merusak sebuah rumah dengan membobol salah satu bagian dindingnya. Namun, aksi hewan bertubuh tambun ini tiba-tiba berhenti, saat ia mendengar suara tangis bayi perempuan berusia 10 bulan yang berada di dalam rumah.

“Kami menyembah Ganesha (Dewa Gajah) di desa kami. Namun, kami tak percaya bahwa gajah ini menyelamatkan putri saya setelah ia mendobrak pintu dan menghancurkan dinding rumah,” kata Lalita Mahato, ibu sang bayi.

Konflik manusia-gajah telah meningkat dalam beberapa tahun di daerah ini. Penggunaan lahan untuk permukiman telah memblokir rute migrasi gajah. Hal ini membuat gajah secara rutin menyerang peternakan dan permukiman warga.

Baca juga: Wow! Ini Anjing Termahal di Dunia, Harganya Rp 22 Miliar 

Related

World's Fact 913112265697919797

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item