Menikmati Makan di Restoran Semakin Ngetren di Indonesia

Menikmati Makan di Restoran Semakin Ngetren di Indonesia

Naviri Magazine - Hasil riset Qraved.com, situs pencarian dan reservasi restoran di Jakarta, mengungkapkan bahwa telah terjadi pergeseran tren, di mana semakin banyak masyarakat Indonesia yang memiliki kebiasaan makan di restoran. Sepanjang tahun, tercatat kunjungan orang Indonesia ke restoran mencapai 380 juta kali, dan menghabiskan total 1,5 miliar dollar AS.

Semaraknya kebiasaan makan di restoran juga ditopang dengan pertumbuhan restoran kelas menengah dan atas hingga 250 persen dalam lima tahun terakhir. Beberapa grup bisnis makanan dan minuman, seperti Ismaya Group dan Opco Indonesia, sukses merayu calon pembeli dengan pilihan jajaran gerai kontemporer miliknya.

Steven Kim, co-founder Qraved.com, dalam siaran persnya menuturkan, banyak masyarakat memanfaatkan kegiatan makan di restoran untuk bersosialisasi.

"Penelitian kami menunjukkan, fenomena tren makan di restoran merupakan bagian dari aktivitas sosial, di mana separuh dari mereka yang makan di restoran datang berempat bersama rekan bisnis, teman, atau keluarga," jelasnya.

Media sosial, lanjut Kim, juga memegang peran penting karena hampir semua orang membagi pengalaman bersantap mereka pada situs media sosial populer, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Namun, tren ini justru membawa tantangan tersendiri bagi pemilik restoran. Menurut Kim, restoran tidak memiliki sistem reservasi yang memadai, sehingga banyak calon tamu yang kecewa bahkan frustasi.

"Banyak calon tamu kecewa, karena tidak ada yang menjawab telepon saat hendak melakukan reservasi. Riset menunjukkan sebagian besar pemesanan meja dilakukan pada saat jam sibuk restoran, saat staf restoran kewalahan melayani tamu ataupun jelang restoran tutup," katanya.

Tantangan lain yang dihadapi para pebisnis restoran adalah tidak meratanya jumlah kunjungan tamu, yang menyebabkan adanya jam-jam sepi, di mana restoran tetap buka meski sangat sepi pengunjung.

Menurut Kim, tantangan inilah yang melahirkan Qraved.com, situs pertama di Indonesia yang melayani reservasi restoran di Jakarta. Qraved memungkinkan para tamu untuk mencari dan melakukan reservasi pada ribuan pilihan restoran yang tersedia secara online.

“Kami juga memberikan penawaran eksklusif potongan harga bagi mereka yang melakukan reservasi di luar jam sibuk (off-peak), sehingga restoran dapat mendongkrak jumlah tamu,” papar Steven Kim.

Popularitas layanan reservasi online telah terbukti efektif, seperti Bookatable di Inggris Raya, OpenTable di AS, dan Dimmi di Australia. "Kami percaya Qraved.com memberikan jawaban atas kebutuhan fundamental di Indonesia," tambah Kim.

Related

Lifestyle 9080024103819400242

Recent

item