Misteri Organ Lautan, Musik yang Dimainkan Hempasan Ombak

Misteri Organ Lautan, Musik yang Dimainkan Hempasan Ombak

Naviri Magazine - Organ Lautan adalah istilah yang diberikan untuk sebuah organ raksasa yang terletak di tepi Pantai Zadar di Kroasia. Organ yang memiliki nama Morske Orgulje itu terbuat dari pahatan batu marmer putih, memiliki panjang 70 meter, dengan 35 tabung musik yang berupa lubang terbuka di setiap sisinya.

Berbeda dengan organ yang biasa kita kenal, yang dimainkan jari manusia, Organ Lautan dimainkan oleh hempasan ombak. Ketika air laut menyentuh bagian organ, sentuhan itu akan menimbulkan suara yang harmonis, seperti ketika kita memainkan organ dengan melodi.

Suara-suara musik yang berasal dari hempasan ombak itu tidak selalu sama, karena akan dipengaruhi kecepatan, kekuatan, dan ukuran ombak yang menghantamnya.

Morske Orgulje menjadi organ pertama di dunia yang dimainkan oleh ombak laut. Organ istimewa itu dirancang seorang arsitek bernama Nikola Basic, pada tahun 2005. Untuk karyanya yang indah dan istimewa itu, Nikola Basic mendapat penghargaan European Prize for Urban Public Space, sebuah penghargaan arsitektur di Eropa.

Related

World's Fact 8584058014936004863

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item