Misteri Penemuan Artefak Misterius dan Tanda Kehidupan di Mars


Naviri Magazine - Mars adalah planet terdekat keempat dari Matahari. Namanya diambil dari dewa perang Romawi, Mars. Planet ini sering dijuluki sebagai "planet merah" karena tampak dari jauh berwarna kemerah-kemerahan. Hal itu disebabkan oleh keberadaan besi oksida di permukaan planet Mars.

Mars adalah planet bebatuan dengan atmosfer yang tipis. Di permukaan Mars terdapat kawah, gunung berapi, lembah, gurun, dan tudung es. Periode rotasi dan siklus musim Mars mirip dengan Bumi.

Di Mars berdiri Olympus Mons, gunung tertinggi di tata surya, dan Valles Marineris, lembah terbesar di tata surya. Selain itu, di belahan utara terdapat cekungan Borealis yang meliputi 40% permukaan Mars.

Adakah kehidupan di Planet Mars ? Mungkin ini pertanyaan yang paling sering ditanyakan para ilmuwan. Mars telah menjadi objek spekulasi bagi banyak orang.

Pertama kali Mars diobservasi adalah pada abad ke-17. Dan baru 2 abad kemudian, para astronomer mengetahui adanya kemiripan antara Mars dan Bumi. Contoh, panjang 1 hari di Mars hampir sama dengan di Bumi, yang artinya Mars mengalami musim-musim seperti yang ada di bumi.

Perkiraan ini memunculkan teori adanya sebentuk kehidupan di Mars. Tahun 1854, William Whewell, seorang ilmuwan di Trinity College, Cambridge, mengeluarkan teori bahwa di Mars terdapat laut, daratan, bahkan bentuk kehidupan.

Teori tentang kehidupan di Mars akhirnya benar-benar populer pada akhir abad ke-19, ketika sebuah observasi teleskopik atas permukaan Mars menemukan adanya kanal-kanal misterius.

Pada tahun 1906, seorang ilmuwan bernama Percival Lowell menerbitkan sebuah buku berjudul “Mars”, yang diikuti sekuelnya, “Mars and its Canals”. Dalam bukunya, ia berspekulasi bahwa kanal-kanal tersebut dibangun oleh peradaban yang telah lama musnah. Ide ini juga menginspirasi HG Wells untuk menulis cerita tentang invasi alien dari Mars ke bumi, dalam buku The War of the Worlds.

Beberapa wahana ruang angkasa telah dikirim untuk meneliti planet Mars, di antaranya Mariner 4, Viking, dan Opportunity. Viking menemukan peningkatan kadar CO2 pada tanah Mars. Karena itu, Gilbert Levin, seorang ilmuwan, menyimpulkan adanya kehidupan di Mars.

Sedangkan ilmuwan lainnya membantah, dengan menyebutkan bahwa bahan kimia superoksidan pada tanah bisa saja terjadi tanpa campur tangan kehidupan. Lagi pula, 4 miliar tahun yang lalu, Mars telah kehilangan medan magnetnya, sehingga ionosfer Mars tidak bisa mencegah terjadinya badai matahari atau radiasi, yang menyebabkan bentuk kehidupan mustahil untuk bertahan.

Namun, penemuan terbaru pada tahun 2000 menemukan unsur hematite pada permukaan Mars, yang mengindikasikan adanya air di masa lampau. Yang lebih mengejutkan, juga ditemukan adanya selokan-selokan pada permukaannya.

Pada tahun 2004, NASA mengumumkan bahwa pada masa lampau Mars adalah sebuah planet basah. Penyelidikan lanjutan pada tahun 2006 juga mengonfirmasi adanya penemuan selokan-selokan air tersebut.

Pada Desember 2006, Mars Global Surveyor menemukan adanya pergeseran bentuk sedimen dan celah pada permukaan Mars. Para ilmuwan menyimpulkan, pergeseran itu terjadi akibat aliran air, yang berarti pada permukaan Mars saat ini masih terdapat air dalam bentuk aslinya.

Misi Mars terbaru adalah Phoenix Lander, yang diluncurkan pada 25 Mei 2008. Phoenix juga menemukan adanya kandungan air pada bebatuan Mars.

Walaupun masih diadakan penelitian intensif mengenai Mars, beberapa foto yang diambil oleh wahana antariksa menemukan beberapa gambar aneh. Mungkin banyak yang sudah mengetahui wajah yang terukir pada planet Mars yang sangat terkenal itu.

Tapi bagi yang belum mengetahuinya, pada akhir tahun 1976, Viking yang memotret permukaan planet Mars mendapatkan sebentuk wajah pada planet Mars.

Sejak foto tersebut muncul untuk pertama kali, spekulasi tentang adanya extraterestrial di Mars kembali muncul. Foto-foto berikutnya juga memunculkan tanda tanya yang lebih besar lagi.

Related

Science 3072078039554306987

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item