Misteri Penemuan Ponsel Misterius Berusia 800 Tahun yang Membingungkan

Misteri Penemuan Ponsel Misterius Berusia 800 Tahun yang Membingungkan

Naviri Magazine - Telepon genggam adalah temuan yang relatif modern. Baru muncul pada tahun 1980-an. Namun, sebuah video mengejutkan muncul. Seorang peneliti UFO mengklaim menemukan objek berusia 800 tahun yang mirip telepon genggam modern. Meski, itu sepenuhnya terbuat dari batu.

Benda itu memiliki fitur mirip layar dan 12 tombol, dengan simbol-simbol Cuneiform—sistem penulisan kuno yang digunakan bangsa Sumeria yang tinggal di Babilonia atau Irak masa kini.

Video yang diposting oleh Paranormal Crucible itu mengabarkan, artefak tersebut ditemukan seorang arkeolog dalam ekskavasi di kawasan Fuschl am See di Salzburg, Austria.

Dalam video, seseorang yang mengaku peneliti UFO mencetuskan teori. "Mungkin makhluk ekstrateresterial yang telah maju mengunjungi Bumi pada masa lalu. Jika itu benar, ada kemungkinan bahwa artefak tersebut merupakan tiruan dari teknologi dari luar planet manusia," kata dia, seperti dikutip dari situs BT.

Lantas, apakah temuan itu punya nilai arkeologis atau hanya sekadar kabar bohong (hoax) semata? Belum ada bukti sahih.

Para pengguna internet mempertanyakan mengapa objek yang katanya dari Timur Tengah itu bisa ditemukan di Austria.

Apalagi, tak dijelaskan lebih lanjut di mana persisnya ekskavasi dilakukan, atau siapa yang menemukannya—yang setidaknya bisa sedikit meyakinkan bahwa itu bukan sekadar hoax menggunakan ponsel Nokia model jadul.

Para penganut teori konspirasi yakin, ada banyak temuan artefak arkeologi serupa yang misterius dan menerbitkan tanda tanya besar. Seperti dikutip dari Inquisitr, mereka menuding para arkeolog sengaja menutup-nutupi hal tersebut.

Scott Waring, editor UFO Sighting Daily, percaya temuan artefak mirip ponsel tersebut adalah bukti bahwa peradaban alien telah mengunjungi Bumi pada masa lalu.

"Artefak mirip ponsel menjadi bukti bahwa seseorang dengan pengetahuan tentang teknologi canggih masa depan, menciptakannya," tulis dia, seperti dikutip dari Daily Mail. "Apalagi, bahasa yang digunakannya dari masa puluhan ribu tahun lalu. Sebuah temuan yang keren."

Ponsel 'Penjelajah Waktu' 

Isu ponsel dari masa lalu pernah berembus sebelumnya. Dipicu rekaman promosi film bintang tenar, Charlie Chaplin pada tahun 1928 yang menunjukkan seorang perempuan seperti menggunakan telepon genggam.

Adegan membingungkan ini terekam dalam bagian tambahan Film 'Chaplins Charlie The Circus' yang dipertunjukkan pada publik di Manns Chinese Theatre di Hollywood.

Belum ada penjelasan pasti soal itu. Ada yang mengira itu adalah tanda-tanda schizophrenia—perempuan itu menutup wajahnya dan berbicara pada dirinya sendiri.

Ada lagi yang mengira, ini bisa dijelaskan secara sederhana, perempuan itu menutupi wajahnya agar tak tersorot kamera dan berkata sesuatu.

Lainnya menduga, ia adalah penjelajah waktu. Sebab, perangkat pertama yang dapat disamakan dengan telepon selular adalah 'Walkie-Talkie' Motorola yang dikembangkan tahun 1940-an—lebih dari satu dekade setelah film bisu Chaplin. Ukurannya sebesar lengan pria dewasa.

Sementara telepon portabel, atau telepon selular belum muncul sampai akhir tahun 1980-an. Ukuran ponsel generasi awal terlalu besar untuk disembunyikan di telapak tangan.

Masalahnya, apakah saat itu sudah ada penyedia layanan telekomunikasi?

Related

World's Fact 6790464402278977658
item