Nelayan di Kalimantan Menciptakan Alat Konversi BBM ke Gas

Nelayan di Kalimantan Menciptakan Alat Konversi BBM ke Gas

Naviri Magazine - Ada secercah harapan untuk bisa menekan terus membesarnya konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di dalam negeri. Salah satunya berasal dari Amir Suwarno, nelayan yang berasal dari Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Ia menciptakan alat mengkonversi BBM ke bahan bakar gas, untuk keperluan nelayan. “Tujuannya ialah mencari energi alternatif yang murah dan efisien bagi nelayan, yang kemampuan ekonominya sangat terbatas,” ujar Amir seusai diskusi Indonesia Green Award di Hotel Indonesia Kempinsky.

Amin mengaku bahwa ide menciptakan alat tersebut dilatarbelakangi oleh kesulitan nelayan memperoleh solar untuk kepentingan berlayar. “Masalah itu menjadi penyakit tahunan yang dihadapi nelayan skala kecil di Kabupaten Kubu Raya,” tuturnya.

Sebab, kondisi geografis daerahnya sering kali menghadapi ancaman angin kencang pada periode Oktober-Januari setiap tahunnya. Walhasil, jadwal distribusi BBM kerap terganggu.

Selain itu, kata Amin, jalur distribusi bahan bakar minyak di Kalimantan selama ini mengandalkan Sungai Kapuas. Sehingga, bila di musim kemarau ada kapal kandas atau karam, dipastikan pengiriman minyak ke Kabupaten Kubu Raya juga terganggu.

Dilatarbelakangi oleh faktor tersebut, Amin kemudian menciptakan alat konverter yang dinamainya ABG, yang merupakan singkatan dari Amin Bensin Gas. Alat ini memungkinkan mesin kapal nelayan menjadi engine dual fuel, sehingga memanfaatkan gas dan solar secara bergantian ketika melaut. Amin mengklaim alat buatannya itu tak akan mengganggu kinerja kapal.

Dari aspek ekonomis, menurut dia, penggunaan konverter mampu menghemat penggunaan bahan bakar hingga lima kali lipat. Dalam hitungannya, pengunaan satu liter solar hanya berbanding dengan 240 gram gas.

Atas hasil karyanya ini, sudah banyak perusahaan dari luar negeri yang berkeinginan membeli hak ciptanya dengan harga tinggi. “Tapi saya tolak dengan tegas, karena niat saya menciptakan ABG untuk memberdayakan nelayan kecil yang menjadi bagian dari hidup saya selama ini,” tuturnya.

Related

World's Fact 7744824878829755946

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item