Mozaik Sejarah Dunia: Pecahnya Pemberontakan Irlandia

Mozaik Sejarah Dunia: Pecahnya Pemberontakan Irlandia

Naviri Magazine - Pada 24 April 1916, kelompok nasionalis Irlandia memulai pemberontakan bersenjata melawan kekuasaan Inggris di Irlandia, ketika Inggris menunda pelaksanaan undang-undang yang memberikan hak otonomi kepada negara tersebut.

Karena hal itu, para pejuang kemerdekaan Irlandia—organisasi buruh, kelompok sosialis, dan pasukan pejuang Sinn Fein—kemudian membentuk tentara rakyat, dan pemberontakan itu pun pecah.

Pemberontakan yang disebut “The Easter Rebellion” itu dimulai ketika dua ribu tentara rakyat merebut kekuasaan terhadap kantor-kantor penting di Dublin, yang sebelumnya dikontrol Inggris. Tidak lama kemudian, para pemimpin pemberontakan tersebut memproklamasikan kemerdekaan Irlandia.

Setelah itu, tentara Inggris melakukan serangan keras untuk menggulingkan pemberontakan tersebut. Hasilnya, para pemimpin pemberontakan menyerah, dan sebagian dari mereka dijatuhi hukuman mati oleh pemerintah Inggris.

Related

History 2747143579544355780

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item